Pasokan Listrik Jawa-Bali Terancam Tersendat
AIr di Bendungan Sutami mulai mengering, 30 September 2018, MI - Bagus Suryo
Malang: Ketersediaan air di Bendungan Sutami, Malang, Jawa Timur, tak cukup untuk menggerakkan generator Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Brantas. Akibatnya, pasokan listrik untuk sebagian pelanggan di Jawa dan Bali terancam tak mengalir.

Corporate Governance Perum Jasa Tirta (PJT) I di Kota Malang Inni Dian Rohani mengatakan ketersediaan air di Bendungan Sutami terus berkurang. Selain untuk PLTA, air dari Bendungan Sutami juga digunakan untuk air minum, irigasi, perikanan, dan kebutuhan industri.

"Kondisi riil di lapangan, elevasi bendungan sudah mencapai ambang batas operasional PLTA. Di elevasi (ketinggian air) 255 meter di atas permukaan laut (MDPL), PLTA tidak dapat beroperasional," kata Inni di Malang, Senin, 22 November 2018.


Saat ini, lanjut Inni, elevasi aktual air di Bendungan Sutami yaitu 257,98 MDPL. Generator PLTA Brantas masih dapat digerakkan. 

Namun bila hingga November tak ada hujan, Inni khawatir generator tak dapat bergerak. Pasokan listrik sebesar 1,24 miliar KWH untuk pelanggan di Jawa dan Bali terancam.
 



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id