Jokowi: Hati-hati dengan Media Sosial
Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani
Sidoarjo: Presiden Joko Widodo menitip pesan agar pemuda hati-hati dalam memanfaatkan teknologi informasi, terutama media sosial. Jokowi berharap media sosial tidak membuat jati diri bangsa dan agama hilang dari generasi muda. 

"Jangan sampai dengan media sosial, kita kehilangan karakter ke-Indonesiaannya, kehilangan karakter ke-Islamannya," kata Jokowi saat menghadiri Muktamar XXI Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Senin, 19 November 2018. 

Jokowi mafhum, generasi muda saat ini sulit dilepaskan dari jejaring sosial. Pada prinsipnya, kata Jokowi, kehadiran teknologi informasi bisa menambah wawasan generasi muda. Namun, teknologi informasi juga punya celah lantaran tidak semua konten yang dihadirkan bermuatan positif.


Jokowi mengatakan, dewasa ini ujaran kebencian, berita bohong atau hoaks, justru paling ramai mewarnai konten jagat maya. Fenomena ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. "Makanya harus hati-hati."

Di hadapan anggota IPM, Jokowi mengingatkan generasi muda tak boleh kehilangan karakter asli Indonesia. Generasi muda juga tak boleh kehilangan karakter keagamannya karena media sosial. "Mari kita bersama-sama memelihara, merawat, dan menjaga persatuan, menjaga ukhuwah dan persaudaran serta kerukunan kita bersama. Terlebih, saat-saat pemilihan umum baik gubernur, walikota, bupati maupun Pilpres," ujarnya. 

Jokowi juga menyelipkan cerita soal perkembangan IPM selama 57 tahun berdiri. Jokowi memuji IPM lantaran telah menghadirkan banyak tokoh berpengaruh di Tanah Air. Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir, mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus Komisi Yudisial (KY) Busyro Muqoddas adalah contoh kader IPM yang telah berkontribusi bagi bangsa. Saat ini, kata Jokowi, banyak pula kader IPM yang aktif di partai politik. 

"Generasi penerusnya, kalian yang ada di sini. Tapi saudara tumbuh dalam suasana yang berbeda, yakni dunia digital. Sekarang, semua anak muda sudah pegang smartphone," tutur Jokowi.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id