Jual Beli Lutung Digagalkan di Malang
Anak lutung, primata yang hendak dijualbelikan secara ilegal, diamankan di Malang, Medcom.id - Daviq
Malang: Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur menggagalkan aksi jual beli primata yang dilindungi oleh negara. Aksi itu digagalkan pada Rabu 28 November 2018 malam.

Kepala BBKSDA Jawa Timur, Nandang Prihadi mengatakan aksi itu berhasil digagalkan di Terminal Arjosari, Kota Malang, Jawa Timur. Petugas berhasil menangkap pelaku beserta barang bukti sekitar pukul 22.30 WIB.

"SKW V1 Probolinggo bersama anggota RKW 22 Malang BBKSDA Jatim telah mengamankan dua ekor lutung masih anakan bersama penjualnya," katanya saat dikonfirmasi, Jumat 30 November 2018.


Kedua lutung tersebut dibawa oleh Farid Kurniawan Santoso, 31, warga Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Pelaku ditangkap karena terbukti melakukan upaya jual beli primata langka yang dilindungi oleh negara.

"Lutung itu jenis Lutung Jawa. Penjual menawarkan lutung melalui medsos (media sosial)," bebernya.

Nandang menjelaskan awalnya petugas BBKSDA Jawa Timur menyamar sebagai pembeli lutung tersebut. Setelah sepakat, petugas pun kemudian mengajak penjual untuk bertemu.

"Ditawarkan di medsos oleh tersangka. Petugas kita masuk kesana dan seolah akan membeli. Janjian ketemu terminal bus Arjosari," jelasnya.

Setelah bertemu di lokasi, penjual lutung pun langsung ditangkap oleh petugas. Selanjutnya, tersangka dilimpahkan ke Polres Malang Kota.

"Saat ini Semua barang bukti dan tersangka kami serahkan Ke Polresta Malang untuk di tindak lanjut proses penyidikan," ungkapnya.

Sementara itu Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP Komang Yogi Arya Wiguna membenarkan penangkapan tersebut. Polisi kini masih melakukan penyelidikan darimana asal lutung tersebut didapatkan.

"Yang mengamankan pihak personel BKSDA diserahkan ke kita untuk proses penyelidikan. Kemarin sudah ditahan, nanti kita akan rilis," pungkasnya.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id