Generasi Muda Diajak Merefleksikan Perjuangan KH Achyat Halimy
Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Amar Ahmad menghadiri Haul KH Achyat Halimy di Mojokerto, Kamis, 12 April 2018 (Foto:Dok.Kemenpora)
Mojokerto: Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Amar Ahmad menghadiri Haul KH Achyat Halimy di Mojokerto, Kamis, 12 April 2018. Di hadapan ribuan jamaah yang hadir, Amar mengajak seluruh hadirin untuk merefleksikan perjuangan para kiai, termasuk KH Achyat Halimy.

Dalam beberapa catatan, KH. Achyat Chalimi adalah tokoh muda yang menjadi pelopor dalam berbagai pelatihan kepemudaan seperti baris-berbaris dan kedisiplinan, termasuk mendorong pemuda berlatih pencak silat. Almaghfurlah KH Achyat Chalimy juga tercatat sebagai motor penggerak berdirinya Ansoru Nahdatoel Oelama (ANO) yang kemudian dikenal sebagai Gerakan Pemuda Ansor. 

"Selain itu, Mbah Achyat juga menggalang pemuda Mojokerto dan sekitarnya dalam pergerakan pemuda yang tergabung dalam Laskar Hizbullah yang menggelorakan Resolusi Jihad pada 10 November di Surabaya," ujar Amar dilansir Kemenpora.go.id, Jumat, 13 April 2018.


Bupati Mojokerto, Masud Yunus yang juga alumni pesantren Sabilul Muttaqin menyampaikan, bahwa Kiai Achyat adalah sosok yang dermawan dan gemar bersosial. Tercatat banyak pesantren, sekolah formal, dan Masjid yang dibangun oleh kiai.

"Bahwa Almaghfurlah Kiai Achyat telah mendirikan pesantren, sekolah formal, dan mendirikan lebih dari 50 Masjid yang tersebar tidak hanya di kota Mojokerto," ujarnya.

Acara diakhiri Mauidhoh Hasanah oleh KH Fais (Gus Fais) selaku cucu dan sanak kerabat Almaghfurlah dan ditutup dengan doa oleh Alhabib Hasyim, Ketua Yayasan Sunan Maulana Malik Ibrahim Gresik. 



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id