Ribuan DPT di Sumenep Bermasalah
Ketua Bawaslu Sumenep Anwar Noris. Medcom.id/Rahmatullah
Sumenep: Bawaslu Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menemukan 3.337 Daftar Pemilih Tetap (DPT) bermasalah. Bawaslu merekomendasikan KPUD Sumenep memperbaiki data tersebut dengan verifikasi faktual.

"Sebenarnya sekitar 15 ribu rekomendasi dari Bawaslu RI yang bermasalah. Tapi setelah diverifikasi, ada tiga ribuan," kata Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris, Rabu, 12 September 2018.

Setelah diverifikasi faktual hari ini, sebanyak 836 DPT harus dihapus. Noris mengaku langsung menginstruksikan pada Panwascam dan PPL untuk meneliti dan menverifikasi data tersebut. Setelah diverifikasi tersebut baru ditemukan 3.337 bermasalah, di antaranya adalah data ganda.


Ketua KPUD Sumenep, A Warits mengaku langsung menginstruksikan PPK dan PPS untuk mencermati data rekomendasi Bawaslu tersebut. Dalam pencermatan dipastikan juga melibatkan PPL.

Bila ditemukan data ganda, dia menegaskan akan menghapus data tersebut. Rekomendasi data bermasalah hampir ada di semua kecamatan.

Warits menyebut rekomendasi Bawaslu soal ribuan data bermasalah itu dilampirkan dengan nama. Daftar harus diverifikasi sesuai dengan data di lampiran tersebut.

"Kita harus pleno paling lambat besok pagi. Jadi hari ini hingga selesai akan dilakukan penghapusan," ujar Warits.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id