Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Lucky Hermawan saat inspeksi di Jalan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Medcom.id/Amaluddin
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Lucky Hermawan saat inspeksi di Jalan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Medcom.id/Amaluddin (Amaluddin)

IMB Proyek Penyebab Jalan Gubeng Ambles Keluar Ganda

Jalan Gubeng Ambles
Amaluddin • 22 Januari 2019 21:19
Surabaya: Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menyebut ada dua surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang muncul dalam proyek pembangunan basement RS  Siloam Gubeng, Surabaya. Proyek seluas 70X70 meter persegi yang  dikerjakan 16 perusahaan tersebut dikerjakan dengan IMB yang memiliki spesifikasi berbeda.
 
Kapolda berencana membeberkan bukti dan peran tersangka penyebab amblesnya jalan Gubeng Surabaya. "Dari 16 Perusahaan yang terlibat dalam proyek pembangunan ini, ada 40 orang saksi yang sudah kami periksa," ungkap Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat inspekesi di lokasi Gubeng Surabaya, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Jumlah itu diketahui dari serangkaian gelar perkara yang sudah dilakukan penyidik Polda Jatim. Seluruh fakta yang muncul dan berhasil diungkap penyidik akan disampaikan besok, Rabu, 21 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan bahwa proyek sudah direncanakan sejak 2012, dan sudah masuk tahap pengerjaan di 2013. Pada 2015 keluar surat IMB yang isinya dua lantai ke bawah dan 20 lantai ke atas.
 
"Nah, di 2017 ternyata IMB keluar lagi dengan rincian 11 lantai kebawah, dan 26 lantai keatas. Jadi ada dua IMB dengan spek dan izin  berbeda," tandasnya.
 
Polda Jawa Timur kembali menetapkan satu tersangka lagi dalam kasus amblesnya jalan Gubeng, Surabaya. Ada tiga tersangka yang sudah ditetapkan polisi. Ketiga tersangka yakni berinisial RH, R dan AL.
 
Jalan Gubeng Kota Surabaya, Jawa Timur tepatnya di sekitar RS Siloam dan dekat BNI Gubeng arah Jalan Sumatera. Salah satu jalan protokol di Surabaya tersebut mendadak ambles sedalam sekitar 20 meter dengan dimensi 30x10 meter pada Selasa, 18 Desember, malam.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi