KPU Siapkan Surat Suara Braille untuk Penyandang Tunanetra
ilustrasi Medcom.id
Sidoarjo: Pemilih tunenetra pada Pemilu 2019 akan mendapat tambahan fasilitas kelengkapan saat pencoblosan April mendatang. Kelengkapan itu salah satunya ialah template surat suara yang dilengkapi huruf braille bagi penyandang tunanetra.

"Surat suaranya belum dicetak, biasanya akan dikirimkan berbarengan dengan dikirimnya surat suara. Dan jumlahnya akan disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di Sidoarjo," kata Ketua KPU Sidoarjo, Zaenal Abidin, Kamis, 6 Desember 2018.

Zaenal mengungkapkan hingga saat ini persiapan jelang Pemilu sudah dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan pemilu. Termasuk mempersiapkan jumlah daftar pemilih tetap.


"Sampai hari ini tidak ada kendala apapun terkait proses jelang pemilu. Tahapan demi tahapan sudah kita lakukan," ujar Zaenal.

Disamping itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan jumlah daftra pemilih kalangan difabel. Sosialisasi pun terus dilakukan agar semua masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya termasuk kalangan difabel.

"Terus kita sosialisasikan, bisa melalui keluarga mereka, atau bisa melalui komunitas mereka. Harapannya, mereka semua bisa menggunakan hak pilihnya saat pilpres nanti," jelasnya.

Berdasarkan proses pemilu sebelumnya, lanjut Zaenal, tidak ada sesuatu hal khusus bagi kalangan difabel saat proses pemilu. Hanya saja, yang menjadi pembeda saat proses pemilihan nanti adalah penambahan fasilitas bagi kalangan difabel.

"Misal pemilih yang mengalami Tunadaksa, maka harus difasilitasi akses masuknya saat di TPS. Mereka yang mengalami Tunadaksa ini kan penglihatannya masih normal, sehingga tidak perlu tambahan surat suara," ujar Zaenal.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id