Ilustrasi Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 8, Winong, Karangjati, Wonosegoro, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (27/4/2019). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho.
Ilustrasi Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 8, Winong, Karangjati, Wonosegoro, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (27/4/2019). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho. (Amaluddin)

Total 96 Petugas Pemilu di Jatim Meninggal

pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Amaluddin • 11 Mei 2019 14:28
Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mencatat hingga saat ini ada sekitar 96 petugas Pemilu 2019 meninggal. Dari angka itu, jumlah petugas meninggal terbanyak ada di Kota Surabaya dengan angka 13 orang.
 
"Surabaya terbanyak, kemudian Kabupaten Kediri enam orang, Tulungagung lima orang. Sementara di daerah lainnya rata-rata di bawah lima, tapi ada yang zero seperti di Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, dan Kota Batu," kata Komisioner KPU Divisi Sumber Daya Manusia, Rochani, di Surabaya, Sabtu, 11 Mei 2019.
 
Rochani menjelaskan, data itu merupakan laporan dari KPU di berbagai daerah di Jatim. Puluhan orang meninggal itu terdiri dari berbagai unsur, yakni Petugas PPS, KPPS, Linmas hingga sekretariat KPU di 38 kabupaten/kota di Jatim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada berbagai faktor mereka meninggal saat dan setelah pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April lalu. Antara lain karena penyakit yang diderita kambuh hingga meninggal, pingsan, kejatuhan tenda saat mendirikan TPS dan lainnya.
 
"Tapi apakah itu karena faktor kelelahan atau tidak, itu bukan kapasitas kami untuk menjelaskan," jelas Rochina.
 
Selain meninggal, saat ini masih ada sekitar 846 petugas pemilu yang mengalami sakit atau dalam perawatan di rumah sakit. Dalam hal ini KPU Jatim telah bekerja sama dengan Dinkes Jatim untuk menanganinya.
 
"Kami juga bekerjasama dengan pihak kepolisian dengan menyediakan fasilitas posko kesehatan, dimana kita siapkan tenaga medis dan pertolongan pertama," pungkas Rochina.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif