Tiga Kecamatan di Pasuruan Kembali Terendam Banjir
Ilustrasi banjir. (medcom.id/Rakhmat Riyandi)
Pasuruan: Tiga Kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, kembali terendam banjir. Yaitu Kecamatan Bangil, Winongan, dan Kraton.

“Daerah yang terendam banjir sama dengan daerah yang terjadi banjir beberapa waktu lalu,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, dikonfirmasi, Minggu, 7 Januari 2018.

Bakti menjelaskan, tiga kecamatan tersebut terendam banjir setelah diguyur hujan sejak pukul 12.00 WIB, Minggu, 7 Januari 2017. Akibatnya, air Sungai Welang dan Rejoso meluap hingga ke pemukiman penduduk.


“Ketinggian air variasi, tapi rata-rata mencapai 50-60 sentimeter,” ujarnya.

Menurut Bakti, banjir di daerah tersebut kerap terjadi saat musim hujan. Sehingga mengakibatkan air di sejumlah sungai meluap, salah satunya Sungai Welang.

Hingga pukul 21.30 WIB, air masih belum surut. Sementara warga setempat masih bertahan di rumah masing-masing alias tidak mau mengungsi.

“Warga tidak mau ngungsi sudah biasa, mereka tidur di rumahnya masing-masing, karena rumah warga rata-rata tinggi,” tambahnya.

Petugas gabungan BPBD, Polri, TNI, dan lainnya standby. Ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak inginkan.

“Ini kami juga sudah menyiapkan posko di kelurahan setempat, untuk mengevakuasi jika ada warga yang butuh tempat mengungsi,” tandasnya.



(LDS)