Pintu keluar Jalan Tol Pandaan-Malang di Karanglo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Pintu keluar Jalan Tol Pandaan-Malang di Karanglo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Daviq Umar Al Faruq)

Tol Pandaan-Malang Siap Diresmikan

infrastruktur jalan tol transjawa Tol Trans-Jawa
Daviq Umar Al Faruq • 10 April 2019 18:46
Malang: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pengerjaan proyek Jalan Tol Pandaan-Malang seksi I-III kini telah rampung. Tol sepanjang 30 kilometer itu dapat dioperasikan dalam waktu dekat. 
 
"Saya lihat tadi dari Pandaan ke Singosari, terlihat sudah siap untuk diresmikan. Total dari 38 kilometer Jalan Tol Pandaan-Malang, yang sudah siap diresmikan sepanjang 30 km," katanya usai meninjau kesiapan Jalan Tol Pandaan-Malang, Rabu 10 April 2019.
 
Basuki menambahkan saat ini pembersihan penyelesaian di jalan tol tersebut tengah dikebut. Sebab, besok Kamis 11 April 2019, tim penilai sertifikasi laik fungsi bakal melakukan penilaian. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, tahap penilaian pra laik fungsi telah dilakukan pekan lalu. Selanjutnya jika uji laik fungsi sudah selesai dan dinyatakan siap operasi, peresmian jalan tol ini akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo.
 
"Sekarang akan kita lihat lagi perkembangannya. Ibu Gubernur Jawa Timur tadi mengusulkan untuk bisa diresmikan pada 12 April 2019 saat Presiden berada di Malang," ujarnya.
 
Sebagai informasi, Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari 5 seksi. Yakni, seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 kilometer, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 kilometer, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 kilometer, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 kilometer, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 kilometer. 
 
Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan-Malang dengan investasi sebesar Rp 5,9 triliun.  Adapun nilai konstruksi sebesar Rp 3,7 triliun dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP). 
 
Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan dapat menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang banyak memiliki tempat wisata. Kehadiran ruas Tol akan bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya.
 
Sebab, selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat, bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam. 
 
Jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang ini juga memiliki pemandangan alam yang indah di kanan kiri jalan, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Semeru di sisi timur, Gunung Arjuna sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, dan ditambah Gunung Penanggungan. 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif