Penemuan situs di proyek Jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan) di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Penemuan situs di proyek Jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan) di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Daviq Umar Al Faruq)

Reruntuhan Situs Majapahit Ditemukan di Proyek Tol Malang Pandaan

situs sejarah
Daviq Umar Al Faruq • 08 Maret 2019 16:18
Malang: Sebuah reruntuhan yang diduga situs purbakala ditemukan di sekitar proyek Jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan) di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Reruntuhan tersebut diduga merupakan situs tua dari era Kerajaan Majapahit.
 
Pantauan Medcom.id, pada reruntuhan tersebut terdapat susunan batu bata kuno berukuran besar serta batu bata yang berserakan. Batu bata berwarna merah itu diperkirakan mulai ditemukan saat pekerja proyek mengeruk tanah untuk proyek jalan tol. 
 
Saat dikonfirmasi, Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan-Malang, Agus Purnomo membenarkan kabar tersebut. Hanya saja pihaknya saat ini masih menunggu informasi lebih lanjut dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masih menunggu hasil kajian balai pelestarian," katanya saat dikonfirmasi, Jumat 8 Maret 2019.
 
Agus menjelaskan pihaknya saat ini masih belum menentukan solusi lebih lanjut terkait penemuan itu. Disisi lain, di lokasi penemuan situs juga tidak terlihat aktivitas konstruksi. Disekitar reruntuhan juga dipasangi garis berwarna kuning-hitam.
 
"Di lokasi tersebut (proyek) dihentikan sementara," ungkapnya.
 
Sementara itu, salah satu warga yang enggan disebut namanya menyebutkan kawasan penemuan situs tersebut dulunya memang sering dilakukan oleh sejumlah orang untuk bersemedi. Bahkan, semedi dilakukan hingga menginap.
 
"Dulu banyak orang-orang jauh menginap disini. Katanya mau narik barang halus. Setau saya waktu ramai-ramai penemuan situs hanya batu bata saja yang ditemukan, belum ada barang berharga lainnya," ungkap pria berkumis itu.
 
Sebagai informasi, Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki panjang 38,48 kilometer. Dengan nilai investasi mencapai Rp 5,97 triliun, Jalan Tol Pandaan-Malang terdiri atas lima seksi. Yakni Seksi 1 Pandaan-Purwodadi, Seksi 2 Purwodadi-Lawang, Seksi 3 Lawang-Singosari, Seksi 4 Singosari-Pakis, dan Seksi 5 Pakis-Malang.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif