Kabupaten Jombang Segera Patenkan Tari Remo Boletan

Nurul Hidayat 03 Mei 2018 12:10 WIB
kesenian
Kabupaten Jombang Segera Patenkan Tari Remo Boletan
Pementasan tari Remo Boletan saat peringatan Hardiknas di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Medcom.id/Nurul Hidayat
Jombang: Pemerintah Kabupaten Jombang Jawa Timur berencana mematenkan Tari Remo Boletan sebagai kesenian khas daerah Kabupaten Jombang.

"Berdasarkan sejarah Jombang merupakan cikal bakal munculnya tari Remo yang ada di Jawa Timur, salah satunya tari Remo Boletan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Budi Nugroho di Pendopo Kabupaten Jombang, Kamis, 3 Mei 2018.

Registrasi tari Remo Boletan sebagai budaya khas Jombang diharapkan dapat mendukung aspek pendidikan karakter di Jombang. Pendidikan karakter meliputi empat aspek yakni olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga.


"Kesenian tari Remo Boletan dapat mencakup dari 4 aspek yang menjadi pendidikan karakter," imbuhnya.

Tari Remo Boletan berbeda dengan tari Remo yang sudah dipatenkan oleh Provinsi Jawa Timur. Perbedaan meliputi gerakan dan durasi pementasan tari Remo tersebut.

"Gerakan tari Remo Boletan ada unsur kelucuan di dalamnya serta untuk durasinya lebih panjang daripada tari Remo yang ada di Jawa Timur," imbuhnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait serta pejabat sementara Bupati kabupaten Jombang untuk mematenkan tari Remo Boletan sebagai kesenian khas Kabupaten Jombang.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id