Simulasi Pengamanan Pilgub Jatim di Sumenep Berlangsung Tegang
Situasi simulasi pengamanan Pilgub Jatim di Sumenep - Medcom.id / Rahmatullah
Sumenep: Simulasi pengamanan Pilgub Jatim yang digelar Polres Sumenep, Jawa Timur, di depan Masjid Jamik yang bersebelahan dengan Taman Adipura, Senin 12 Februari 2018, berlangsung tegang. Terjadi adegan baku hantam antar pendukung Cagub-Cawagub. Sekitar 800 personel terlibat dalam simulasi tersebut.

"Kita ingin menyiapkan personel untuk menghadapi tahapan kampanye, pemungutan dan penghitungan suara di Pilgub Jatim," kata Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnaen, usai simulasi.

Dia mengaku perlu melatih kesiapan dan kesigapan anggota, sehingga dilakukan simulasi tersebut. Diharapkan Pilgub nanti berjalan sesuai keinginan.


Zulkarnaen menegaskan di Sumenep tidak ada titik rawan yang perlu diwaspadai. Meski begitu, dia mengaku tetap melakukan kegiatan pencegahan, seperti intens berpatroli dan berdialog dengan tokoh agama, masyarakat dan tokoh pemuda. Tidak hanya di daratan, kegiatan tersebut juga dilakukan di kepulauan.

"Kita juga berharap masyarakat ikut membantu mengamankan dan melancarkan kegiatan pemilu nanti," terang dia.

Menurut dia, di Sumenep terdapat kurang 2.400 tempat pemungutan suara (TPS) dari 334 desa. Dia mengaku sudah membagi 823 personel untuk mengamankan semua TPS tersebut.

"Polsek setempat juga terus memantau situasi di wilayah hukum masing-masing," tandasnya.

Pantauan di lapangan, simulasi tersebut menunjukkan drama pengamanan polisi terhadap bentrokan antar pendukung Cagub-Cawagub ketika masa kampanye. Dalam situasi ini, polisi melepaskan tembakan ke udara untuk melerai bentrokan kedua belah pihak.

Selain itu, polisi juga memerankan pengamanan saat rekapitulasi suara di KPU. Pendukung paslon yang merasa dirugikan mengepung kantor KPU. Massa melempari petugas dengan bongkahan baru.

Untuk mengantipasi aksi beringas lanjutan, akhirnya polisi menyemprotkan air untuk memukul mundur massa. Polisi juga menangkap oknum yang diduga sebagai provokator.




(ALB)