Presiden Ingatkan Masyarakat Jangan Terjebak Pusaran Hoaks

Achmad Zulfikar Fazli 29 Oktober 2018 03:00 WIB
presiden jokowihoax
Presiden Ingatkan Masyarakat Jangan Terjebak Pusaran Hoaks
Presiden Joko Widodo didampingi Iriana Joko Widodo. (Medcom.id/Fikar)
Sumenep: Presiden Joko Widodo meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan bangsa. Dia tak ingin anak bangsa terpecah karena kebohongan atau hal negatif lain.

"Jangan kita terjebak dalam pusaran hoaks, fitnah, ujaran kebencian," tegas Jokowi dalam Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asia Tenggara ke-V di Keraton Sumenep, Jawa Timur, Minggu, 28 Oktober 2018.

Menurut dia, itu semua bukan nilai yang diajarkan nenek moyang. Sikap tersebut juga tak seperti yang ditunjukan para raja, sultan dan pemimpin kerajaan nusantara di masa lalu. 


"Mari kita bangun dan wariskan peradaban Indonesia yang besar, peradaban Indonesia yang mulia, peradaban Indonesia yg terhormat dan bermartabat," ujar dia.

Jokowi menekankan persatuan, kesatuan dan kerukunan merupakan aset bangsa Indonesia. Dia tak ingin teknologi maju, tapi peradanan bangsa Indonesia turun. Karena itu, dia meminta itu semua dijaga dengan sebaik-baiknya.

Menurut dia, perbedaan adalah anugerah dari Tuhan yang diberikan kepada bangsa Indonesia. Perbedaan itu juga tampak dalam Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asia Tenggara ini.

"Kemajuan Indonesia harus tetap mengakar kuat pada kearifan lokal nusantara. Saya mengingatkan kepada kita semua menjaga kesatuan, kerukunan aset terbesar Indonesia," pungkas dia.




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id