Foto dari udara suasana perbaikan area ambles di Jalan Gubeng Surabaya, Senin, 24 Desember 2018, Medcom.id - Amal
Foto dari udara suasana perbaikan area ambles di Jalan Gubeng Surabaya, Senin, 24 Desember 2018, Medcom.id - Amal (Amaluddin)

Perbaikan Jalan Ambles di Surabaya Nyaris Rampung

Jalan Gubeng Ambles
Amaluddin • 24 Desember 2018 19:14
Surabaya: Pengerjaan perbaikan atau recovery Jalan Raya Gubeng di Surabaya, Jawa Timur, nyaris rampung. Jalan yang sebelumnya ambles, kini sudah ditimbun dan rata kembali.
 
"Saat ini, kita akan lakukan pengerjaan tahap pemadatan tanah dan pemasangan besi pengaman," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, saat meninjau jalan ambles di Jalan Gubeng Surabaya, Senin, 24 Desember 2018.
 
Kata Risma, sapaan akrabnya, pengurukan tanah di jalan ambles selesai dalam tiga hari. Hari keempat, lanjut Risma, para pekerja fokus pada proses pemadatan, baik di sisi utara maupun selatan. Pekerjaan lanjutan yaitu pemasangan besi steel seet pile (SSP), agar nantinya jalan yang ambles menjadi kuat saat dilalui kendaraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemkot Surabaya Kebut Pemulihan Jalan Gubeng
 
“Jadi hari ini kita lakukan pemadatan (tanah), pengurukan udah selesai, kita sirami supaya padat. Nanti agak siang, kita pasang besi pengaman (SSP), supaya tidak longsor ke tempat yang lubang itu,” kata Risma.
 
Selasa besok, kata Risma, para pekerja akan melakukan pemasangan kerikil untuk penguat pondasi jalan. Sehingga pondasi jalan tersebut harus benar-benar kuat, karena dilalui berbagai jenis kendaraan. 
 
"Mungkin besok atau lusa kita bisa mulai pasang kerikil untuk pondasi jalan itu, terus kita aspal. Sebetulnya ini kan jalan Nasional, jadi bebannya itu truknya gede, busnya juga gede," katanya.
 
Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini berharap, pengerjaan recovery Jalan Raya Gubeng yang ambles, bisa rampung dalam kurun waktu tujuh hari. Sebab, saat ini tengah memasuki libur natal dan tahun baru, sehingga ia kemudian melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur untuk perizinan tonase truk bermuatan.
 
"Mudah-mudahan ini waktunya nututi, kita juga coba minta bantuan untuk pembatasan (perizinan) tonase dulu. Karena ini kan bulan natal dan tahun baru, kita takutnya besi pengamannya ndak bisa pesan," kata Risma.
 
Pada 18 Desember 2018, area di Jalan Gubeng ambles. Lokasinya tak jauh dari RS Siloam. Peristiwa itu mengakibatkan lalu lintas lumpuh di Jalan Gubeng.
 
Lihat video:
 
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif