Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama masyarakat saat bersih-bersih Pantai Kenjeran di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 1 Maret 2019. (Dok: Pemkot Surabaya).
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama masyarakat saat bersih-bersih Pantai Kenjeran di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 1 Maret 2019. (Dok: Pemkot Surabaya). (Amaluddin)

Wali Kota Surabaya Gencar Bangun Destinasi Wisata

Wisata Surabaya
Amaluddin • 01 Maret 2019 14:43
Surabaya: Setahun Jelang masajabatannya habis, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terus mengembangkan wilayahnya menjadi kawasan wisata. Terbaru, perempuan yang akrab disapa Risma itu juga bakal membangun kereta gantung (cable car) di Pantai Kenjeran, kawasan Jembatan Suramadu sisi Surabaya.
 
"Kawasan ini akan menjadi kawasan wisata. Nanti akan dibangun kereta gantung. Nanti kalau kereta gantung ini sudah terbangun, pasti akan jadi destinasi wisata," kata Risma saat dikonfirmasi, Jumat, 1 Maret 2019.
 
Menurut Risma, cable car itu nanti akan dibangun mulai dari sebelah barat Jembatan Suramadu hingga tembus ke Taman Suroboyo dan Jembatan Suroboyo. Risma memastikan bahwa cable car sudah siap dan kini tinggal dirakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemarin sempat tertunda karena ada masalah tanah dan warga, tapi sekarang sudah selesai. Mudah-mudahan nanti ketika ulang tahunnya Surabaya pada Mei 2019, cable car ini sudah selesai," jelas Risma.
 
Selain cable car, di kawasan Kenjeran ini juga sedang dibangun lapangan tembak, dan juga ada bekas benteng yang saat ini masih nego dengan pihak swasta. Bahkan, kawasan ini juga akan dihubungkan dengan jalur lingkar luar timur Surabaya.
 
Dengan adanya destinasi wisata di Kenjeran, Risma berharap masyarakat sekitar memanfaatkan peluang bisnisnya, guna menambah pendapatan. Mengingat warga sekitar sebagian besar menjadi nelayan.
 
"Kawasan ini sangat strategis. Karena itu, saya berharap warga di sini tidak hanya sekadar menjadi nelayan, tapi juga ada income tambahan. Mereka nanti bisa juga jadi pemandu wisata untuk meningkatkan income-nya. Kalau nelayan saja kan income-nya kecil," beber Risma.
 
Seperti diketahui, Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya sejak priode pertama tahun 2010-2015. Kemudian Risma kembali terpilih untuk priode kedua tahun 2015-2020.
 
Tak sedikit destinasi yang ada di Kota Surabaya. Di antaranya Taman Bungkul, Kebun Bibit Wonorejo, Ekowisata Mangrove, Pantai Ria Kenjeran, Taman Prestasi, dan Surabaya Carnival.
 
Risma pun makin gencar mengembangkan destinasi wisata, setahun menjelang purna tugas pada tahun 2020. Terbaru, Risma akan membangun alun-alun di pusat kota, yakni di Jalan Pemuda, dan kereta gantung (cable car) di Pantai Kenjeran di kawasan Jembatan Suramadu sisi Surabaya.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif