Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Daviq Umar Al Faruq)

TPS di Dua Lapas Kota Malang Dapat Perhatian Khusus

pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Daviq Umar Al Faruq • 16 April 2019 14:37
Malang: Polres Malang Kota bakal memberikan atensi lebih pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Rabu, 17 April 2019. Salah satunya TPS yang berada di lembaga pemasyarakatan (lapas).
 
Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menyediakan 13 TPS tambahan di dua lapas yang ada di Kota Malang. Yakni, 11 TPS di Lapas Kelas I Lowokwaru Malang, dan 2 TPS di Lapas Wanita Sukun Malang.
 
"Untuk TPS yang kita perlu atensi, ada beberapa TPS khusus. Seperti di Lapas Lowokwaru dan Lapas Wanita, itu personilnya memang kita lebih kan dibandingkan dengan TPS yang lain," kata Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri, Selasa 16 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Asfuri menegaskan pihaknya juga bakal mengantisipasi serangan fajar jelang Pemilu. Tim patroli politik uang pun dibentuk bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kejaksaan Negeri Kota Malang.
 
"Kita sudah membentuk tim yang berkoordinasi dengan Bawaslu. Apabila ditemukan adanya masyarakat atau kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan money politic, akan diserahkan ke Bawaslu untuk ditindaklanjuti," beber Asfuri.
 
Sebagai persiapan Pemilu, Polres Malang Kota menggelar Apel Gelar Pasukan di Alun-Alun Merdeka, Kota Malang, Selasa 16 April 2019. Apel ini dilaksanakan dalam rangka Pergeseran Pasukan Pengamanan Tahap Pungut dan Hitung Suara di TPS.
 
Dalam apel ini, ratusan personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, hingga Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dihimbau  untuk mengantisipasi potensi kerawanan yang mungkin terjadi selama pemungutan dan penghitungan suara.  
 
Asfuri menyebutkan potensi kerawanan tersebut terdiri dari berbagai macam. Mulai dari peningkatan potensi massa, adanya intimidasi dari oknum masyarakat dan lain-lain. Oleh karena itu, sebanyak 800 personil dikerahkan.
 
"Satu anggota polisi akan berjaga di 5-6 TPS. Selain itu, juga diperkuat dengan 10-12 linmas. Seluruh pasukan akan melakukan pengamanan sampai proses perhitungan suara selesai," pungkas Asfuri.

 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif