Keuangan Malang 7 Kali Raih WTP
Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi (batik merah) menghadiri penyerahan LHP atas LKPD ini berlangsung di Kantor BPK perwakilan Provinsi Jawa Timur. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
Malang: Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang Tahun Anggaran (TA) 2017 kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Predikat ini merupakan kali ke-tujuh  Malang.

Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi menyampaikan apresiasi tinggi atas raihan opini WTP yang ketujuh ini. Kesuksesan mempertahankan opini WTP ini merupakan wujud akuntabilitas kinerja pemerintah yang baik.  

"Opini WTP yang ketujuh kalinya ini merupakan hasil kerja profesional semua perangkat daerah dan bukti keseriusan serta konsekuen dalam menyusun laporan keuangan berbasis akrual," katanya, Kamis, 31 Mei 2018.


Di samping itu, Wahid mengaku raihan opini WTP ini juga tak lepas dari peran masyarakat Kota Malang.

"Tidak lupa saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Malang atas dukungan dan kepercayaannya selama ini," bebernya.

Wahid bersama Plt Pimpinan DPRD Kota Malang Choeroel Anwar menandatangani dan menerima secara langsung laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari Plt Kepala Perwakilan BPK Ayub Amali.

Acara penyerahan LHP atas LKPD ini berlangsung di Kantor BPK perwakilan Provinsi Jawa Timur dan dihadiri oleh 17 Kepala Daerah, 17 Ketua DPRD, dan OPD Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Timur.

Plt Kepala Perwakilan BPK Ayub Amali mengatakan bahwa tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Berbasis Akrual.

Penggunaan sistem berbasis akrual ini membuat transparansi di bidang laporan keuangan menjadi semakin baik.

"Harapan BPK atas LKPD yang telah diperiksa baik itu neraca, laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan," ujarnya.


 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id