PWNU Jatim Kirim 30 Relawan Trauma Healing ke Lombok

Amaluddin 09 Agustus 2018 19:08 WIB
Gempa Lombok
PWNU Jatim Kirim 30 Relawan Trauma Healing ke Lombok
Ketua PWNU Jatim, KH Marzuqi Mustamar, saat memberangkatkan bantuan untuk korban gempa Lombok, Kamis, 9 Agustus 2018. (Medcom.id/Amal).
Surabaya: Pengurus Wilayah Nahdhotul Ulama (PWNU) Jawa Timur menerjunkan 30 relawan untuk mengobati trauma korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak hanya itu, PWNU juga mengirim sejumlah makanan, pakaian, dan obat-obatan.

"PWNU juga mengirimkan 30 relawan berupa tenaga medis serta terapis trauma healing. Mereka akan berada di sana kurang lebih satu bulan, kita lihat situasinya seperti apa," kata Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar di kantor PWNU Jawa Timur, Surabaya, Kamis, 9 Agustus 2018.

Puluhan relawan gabungan itu berangkat secara dua tahap. Pada hari ini sebanyak 15 relawan yang berangkat ke lombok, kemudian menyusul relawan berikutnya, utamanya relawan trauma healing untuk memulihkan trauma korban.


Menurut Marzuki, pengiriman bantuan ini sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai yang dianut oleh NU. Nilai-nilai keimanan bergantung pada kemanusian yang diterapkan sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah.

Kata Marzuki, dirinya sebagai sesama anak bangsa, tentu memiliki satu rasa, satu hati, dan satu pikiran. Sehingga, kata dia, di manapun bagian bangsa ini ada yang sakit, maka yang lain juga ikut merasakan sakit.

"Dalam ajaran Islam, Alquran, keislaman keimanan seseorang itu antara lain diukur dengan seberapa jauh kita peduli dengan muslim yang lain bahkan dengan umat yang lain meskipun mungkin non-muslim," jelas Marzuki.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id