Kamilah menunjukkan proses produksi pupuk cair ramah lingkungan. Medcom.id / Rahmatullah
Kamilah menunjukkan proses produksi pupuk cair ramah lingkungan. Medcom.id / Rahmatullah (Rahmatullah)

Perempuan Sumenep Pengembang Pupuk Cair Ramah Lingkungan

pertanian petani kisah inspiratif
Rahmatullah • 18 Januari 2019 17:26
Sumenep: Kamilah El Tiha, 42, khawatir kesuburan tanah di desanya bakal hilang karena penggunaan pupuk kimiawi berlebihan. Sementara, kehidupan masyarakat di desanya bergantung pada hasil pertanian.
 
Alumni Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-guluk Sumenep, Jawa Timur, itu akhirnya mengembangkan pupuk yang disebut agen hayati berbentuk cair. Pupuk tersebut berfungsi mengembalikan kesuburan tanah, termasuk antibodi tanaman. Ia racik pupuk tersebut dari bahan-bahan alami yang dikumpulkan di dekat rumahnya.
 
“Pupuk tersebut untuk anggota kelompok tani kami. Tetapi bagi petani lain yang membutuhkan, di Kecamatan Guluk-guluk, silakan datang ke sini,” kata Kamilah saat dikunjungi di rumahnya di Desa Bragung Kecamatan Guluk-guluk, Sumenep Jawa Timur, Jumat, 18 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengakui pembuatan pupuk cair tersebut bukan murni idenya. Ilmunya ia dapatkan dari sejumlah pelatihan yang diikuti.
 
Tamatan Madrasah Aliyah (MA) Annuqayah itu juga mengembangkan pupuk organik yang bahan utamanya dari kotoran hewan peliharaan. Tetapi pupuk tersebut masih belum maksimal karena kebanyakan petani belum punya hewan ternak.
 
Hasil tanaman padinya melimpah akibat pemanfaatan teknologi pupuk cair ini. Petani lain yang ikut menerapkan cara itu juga berhasil meningkatkan produksinya.
 
Berkat dedikasi dalam pertanian itulah, Kamilah mendapatkan sejumlah penghargaan. Tahun 2016 lalu, ia mendapatkan penghargaan pin mas dari Kementerian Petanian di Jawa Tengah. Lalu tahun 2017, ia kembali mendapatkan penghargaan bergengsi. Waktu itu, Kamilah menerima tanda kehormatan Satya Lencana dari Presiden Jokowi di Banda Aceh.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi