Berkas Ujaran Kebencian Ahmad Dhani Sudah di Kejaksaan
Ahmad Dhani Prasetyo, tersangka kasus ujaran kebencian saat mendatangi Polda Jatim. (Medcom.id/Amal).
Surabaya: Berkas tersangka Ahmad Dhani Prasetyo terkait kasus ujaran kebencian telah rampung. Penyidik Subdit V Cyber Crime Polda Jawa Timur pun langsung melimpahkan berkas tersebut ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Jumat, 7 Desember 2028.

"Berkasnya sudah dilimpahkan tadi siang ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jatim," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Mapolda Jatim, Surabaya.

Nantinya, lanjut Barung, berkas tersebut akan menjadi acuan Kejati untuk membawa kasus Ahmad Dhani ke persidangan. Penyidik menganggap berkas tersebut telah lengkap, mulai dari tahap pemeriksaan tersangka, pelapor, saksi, bahkan saksi ahli.


"Saat ini, kami tinggal menunggu telaah JPU, apakah ada koreksi lagi atau tidak. Jadi kami siap untuk pelimpahan tahap kedua," katanya.

Baca: Berkas Perkara Ahmad Dhani Jelang P21

Terpisah, Kepala Seksi Penkum Kejati Jatim, Richard Marpaung, membenarkan telah menerima berkas tahap pertama dari penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim. Saat ini pihaknya tengah mendalami berkas tersebut.

"Berkasnya masih kita telaah lagi, kita dalami apakah sudah benar-benar pengkap secara materiil atau formil. Kami punya waktu 14 hari untuk mendalami berkas itu, sebagaimana diatur dalam undang-undang," kata Richard.

Ahmad Dhani ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian oleh Polda Jatim. Pria asal Surabaya itu telah dua kali diperiksa dalam kasus tersebut.

Kasus ini bermula saat Dhani hendak menghadiri Deklarasi #2019GantiPresiden, namun dirinya dicegah sejumlah massa untuk keluar dari Hotel Majapahit. Lalu, Dhani pun mengunggah video di akun Facebooknya dan menyebut orang-orang yang mencegahnya merupakan idiot.






(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id