Gubernur Jatim Soekarwo saat dianugrahi gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (Medcom.id/Amal).
Gubernur Jatim Soekarwo saat dianugrahi gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (Medcom.id/Amal). (Amaluddin)

Soekarwo Dianugrahi Gelar Doktor Honoris Causa

Gelar Kehormatan
Amaluddin • 27 Desember 2018 12:45
Surabaya: Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menganugerahi Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, gelar Doktor Honoris Causa dalam Bidang Pendidikan Vokasi Kerakyatan, Kamis, 27 Desember 2018. Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu dinilai berhasil mengembangkan pendidikan selama 10 tahun memimpin Jatim.
 
Dalam orasi ilmiahnya, pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu, membaca pidatonya yang sudah dibukukan setebal 38 halaman dengan judul 'Meningkatkan Daya Saing Jawa Timur Melalui Pendidikan Vokasi'. Kata Pakde Karwo, apa yang dilakukannya merupakan amanat konstitusi, yang bertujuan pembangunan NKRI adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
 
"Artinya, pertumbuhan ekonomi yang inklusif itu berbasis sumber daya manusia yang berdaya saing, dalam hal ini fokus pendidikan vokasi," kata pria yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Memasuki halaman terakhir saat membacakan pidato ilmiahnya, Pakde Karwo meneteskan air mata. Pakde Karwo tak kuasa menahan tangis saat memberi ucapan terima kasih kepada kedua orang tuanya yang telah mendidiknya hingga menjadi seperti sekarang ini. 
 
"Mohon maaf jadi nangis, karena bersyukur kepada Allah SWT," ujar Pakde Karwo, sembari mengusap air matanya dengan tisu.
 
Rektor UMM Fauzan, mengatakan bahwa Soekarwo layak dan pantas mendapt gelar Doktor Honoris Causa. Sebab, kontribusi Soekarwo terhadap masyarakat dalam memimpin Jatim sangat bagus, utamanya dalam bidang pendidikan.
 
"Penghargaan ini merupakan ritual akademik UMM terhadap pendidikan. Pakde Karwo, adalah salah satu gubernur di negeri ini yang komitmen dalam pendidikan. Mengurangi kesenjangan, pengangguran, dan mensejahterakan masyarakat," kata Fauzan dalam sambutannya.
 
Kata Fauzan, program vokasi kerakyatan yang digagas Pakde Karwo bertujuan untuk menyiapkan generasi bangsa, yang bisa menjawab tantangan ke depan. Fauzan menilai Pakde Karwo telah memberi dampak nyata khususnya dalam pendidikan di Jatim.
 
"Patutlah kiranya diberikan apresiasi tertinggi dari kampus UMM. Saya ingin membaca sebuah pantun sebelum mengakhiri sambutan ini, 'Belum berapa lama peristiwa tsunami, tsunami bikin ngeri. Maju terus Pakde Karwo, bersama UMM memajukan negeri ini," kata Fauzan, mengakhiri sambutan.
 
Dalam penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa untuk Gubernur Jatim Soekarwo ini, dihadiri sejumlah tamu undangan. Seperti, Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Malang sekaligus Wantimpres RI Prof Abdul Malik Fadjar, Mendikbud RI Muhadjir Effendy, Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim. 

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi