Belum Ada Bacaleg yang Daftar ke KPU Sidoarjo
ilustrasi Medcom.id
Sidoarjo: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sidoarjo belum menerima satupun berkas bakal calon legislatif di DPRD Sidoarjo. Padahal pendaftaran bakal ditutup empat hari lagi, yakni pada 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB.

Ketua KPUD Sidoarjo, Zaenal Abidin meski belum ada yang mendaftar, pihaknya tetap menunggu hingga batas waktu ditentukan untuk menutup pendaftaran calon legislatif. 

"Sampai hari ini belum ada yang mendaftar," ujar Zainal Abidin saat dihubungi, Jumat, 13 Juli 2018. 


Menurutnya dalam pendaftaran Bacaleg Sidoarjo, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya pendaftaran melalui partai.  "Jadi partai akan diberi tanda terima ketika partai sudah menyerahkan beberapa dokumen. Kalau itu belum lengkap, terpaksa belum kita kasih tanda terima," katanya. 

Sebagaimana tertuang dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan DPR, DPRD Tingkat I dan DPRD Tingkat II, bacaleg harus mengumpulkan beberapa berkas sepeti D1, D2, D3, Ad/ART Partai, dan SK terakhir. 

"Itu beberapa prosedur yang harus dilengkapi masing-masing Bacaleg melalui partai," terangnya. 

Partai yang sudah terdaftar secara nasional maksimal bisa mendaftarkan Bacaleg ke KPU setempat 100 persen per dapil. Misal, Dapil A jatah kursinya sebanyak delapan, maka partai menyerahkan delapan Bacaleg per dapil. Tidak boleh melebihi batas ketentuan yang sudah ditetapkan. 

"Disamping itu, juga harus terpenuhinya keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. Minimal partai sudah mencantumkan nama-nama di masing-masing dapil beserta perlengkapannya. Nantinya, baru kita verifikasi. Dan akan disampaikan kepada masing-masing partai apa saja syarat yang harus dilengkapi," ujar Zaenal.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id