Polda Jatim Gelar Operasi Ketupat Mulai 8 Juni
Kapolda Jatim, Kombes Pol Machfud Arifin, saat menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis). Foto: Medcom.id/Amaluddin
Surabaya: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menggelar beberapa operasi kepatuhan terkait pengamanan Lebaran tahun 2018. Salah satu operasi lalu lintas yang digelar setiap tahunnya adalah Operasi Ketupat.

"Operasi Ketupat itu akan digelar serentak mulai tanggal 8-25 Juni mendatang," kata Kapolda Jatim Kombes Machfud Arifin, di sela Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) di Gedung SIER, Rungkut, Surabaya, Jumat, 13 April 2018.

Machfud berharap dengan rentang waktu yang cukup panjang itu, pengamanan mudik Lebaran tahun ini semakin baik. Machfud menekankan pentingnya persiapan sejak awal pada momen lebaran.


"Dilakukan sejak dini, lebih cepat tentu lebih baik. Ini demi kelancaran lalu lintas, mengawal pelaksanaan orang mudik hingga sampai tujuan dengan selamat," katanya.

Dia mengajak para instansi lintas sektoral seperti Dinas Perhubungan (Dishub) untuk bekerjasama mengawal lalu lintas selama bulan puasa dan Idul Fitri tahun ini. Selain itu, Machfud juga menekankan terkait pentingnya semakin bagusnya infrastruktur jalan, dan penambahan jalan tol yang sudah bisa dioperasikan.

Machfud juga berharap instansi terkait segera memasang rambu-rambu lalu lintas di titik-titik rawan kecelakaan, macet, dan lainnya. Sebab, masih ditemukan jalur-jalur macet dan rawan kecelakaan di Jatim belum terpasang rambu-rambu lalu lintas.

"Misalnya dikasih kreasi macam-macam, dikasih tanda panah, atau imbauan hati-hati, tempat istirahat seperti rest area untuk pengendara yang capek, dan lainnya," kata Jendral  bintang dua itu.
 



(SUR)