Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (Amaluddin)

Sejumlah Wilayah di Pasuruan Masih Banjir

bencana banjir
Amaluddin • 21 Maret 2019 16:04
Surabaya: Banjir yang meredam sejumlah kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, belum surut. Sampai saat ini, ketinggian air masih mencapai antara 20 hingga 60 sentimeter.
 
"Sebenarnya kemarin sempat surut. Tapi kemudian semalam banjir lagi akibat air sungai meluap," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, kepada Medcom.id, Kamis, 21 Maret 2019.
 
Bakti menjelaskan, ada 13 desa di tujuh kecamatan di Kabupaten Pasuruan terendam banjir, setelah diguyur hujan pada Selasa, 19 Maret 2019. Banjir ini disebabkan air di sejumlah sungai meluap, setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada Selasa sore. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian banjir berangsur surut pada keesokan harinya. Saat ini, ada beberapa kecamatan yang masih terendam banjir, seperti di Kecamatan Grati dan Nguling.
 
Banjir wilayah Kecamatan Grati terjadi di Dusun Bebekan Lor, Kelurahan Grati Tunon, dengan ketinggian air 20-60 sentimeter. Kemdian di Dusun Kebruan, Desa Kedawung Kulon, dengan ketingian air 40-60 sentimeter.
 
Kecamatan Nguling, yang sebelumnya tidak pernah banjir, kali ini juga kebanjiran. Ada dua dusun, yakni Sumurwaru dan Curahtimo, termasuk Desa Sumberanyar tergenang. 
 
Kemudian banjir di wilayah Kecamatan Rejoso, terjadi Desa Toyaning, Desa Pateguran, Kawis Rejo, dan Sadeng Rejo. Lalu di Kecamatan Winongan, banjir terjadi di Desa Bandaran. "Di dua kecamatan itu, ketinggian air mencapai 20 hingga 40 sentimeter," ujarnya.
 
BPBD juga memantau kondisi air di sejumlah das yang sebelumnya meluap. Yakni Das Wrati, Manaruwi, masing kondisi aman. Kemudian Das Welang, Rejoso, kondisi signifikan, dan Das Petung dan Lawean cukup signifikan.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif