Presiden Putuskan Enam Nama Calon Pahlawan Nasional
Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita. Medcom.id/Amaluddin
Surabaya: Presiden Joko Widodo telah memutuskan enam nama calon pahlawan nasional yang akan ditetapkan pada Hari Pahlawan, 10 November 2018. Keenam nama tokoh yang mendapatkan gelar pahlawan nasional itu akan diumumkan pada 9 November 2018.

Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan tak hafal siapa tokoh yang segera menjadi Pahlawan Nasional tersebut. Ia hanya menyebut keenam nama calon pahlawan itu berasal dari Bangka Belitung, Yogyakarta, Banjarmasin, Jawa Tengah, Banten, dan Sulawesi Barat.

Menurut Agus, tak ada tokoh asal Jawa Timur yang masuk daftar Pahlawan Nasional tahun ini. Ia menyebut pahlawan nasional asal Jatim sudah banyak.


"Untuk tahun ini dari Jatim tidak ada," kata Agus di Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam, 7 Oktober 2018.

Pemerintah akan melaksanakan perayaan Hari Pahlawan di dua tempat, yakni di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ciputra di Bandung, Jawa Barat, dan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

"Pak Presiden Jokowi akan merayakan di TMP Ciputra di Kota Bandung, sedangkan Pak Wapres Jusuf Kalla akan merayakan di TMP Kalibata," kata Agus.

Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menggelar beberapa kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Di antaranya mengundang anak-anak SMP hingga SMA menggelar safari ke museum, guna menanamkan semangat nilai-nilai kepahlawan sejak dini.

"Kami dari Kemensos merasa perlu bahwa semangat dan nilai-nilai kepahlawanan itu ditanamkan sejak dini kepada para generasi muda penerus bangsa," ujarnya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id