Angkutan Penumpang Udara Diprediksi Naik 10 Persen
ilustrasi
Surabaya: Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur memprediksi angkutan penumpang moda transportasi udara tertinggi dari transportasi lainnya. Ini lantaran angkutan udara paling diminati dibanding transportasi lainnya.

"Jadi transportasi udara dari hasil prediksi ada peningkatan sekitar 10 persen. Mungkin itu jadi parameter perekonomian kita lebih baik," kata Kepala Dishub Jatim, Wahid Wahyudi, dikonfirmasi, Kamis, 7 Juni 2018.

Untuk angkutan udara, Wahid mengatakan telah disiapkan sekitar 8.713 penerbangan selama lebaran. Dengan tambahan jadwal penerbangan sebanyak 56 ekstra penerbangan domestik dan tambahan 6 penerbangan internasional di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo.


"Sedangkan untuk bandara Abdulrahman Saleh, Kabupaten Malang, disiapkan 3 ekstra penerbangan. Itu juga masih akan disiapkan jika perlu tambahan nantinya," unarnya.

Sementara untuk moda transportasi darat seperti bus. Dishub telah menyiapkan 5.900 bus. Baik itu angkutan kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar kota antar provinsi (AKAP). Jumlah tersebut masih ditambah lagi dengan bus pariwisata serta bus cadangan sebanyak 8.610 unit. 

"Kemudian kereta api disiapkan 726 gerbong Kereta Api, Kapal laut total akan ada 49 kapal dioperasikan. Begitu juga dengan kapal penyebrangan, juga disiapkan 49 kapal. Rinciannya, 3 kapal di Ujung Kamal dan 46 kapal di Ketapang-Gilimanuk," ujarnya.

Wahid memprediksi puncak arus mudik di Jatim bakal terjadi pada H-3 sampai H-1 lebaran. Dengan hitungan diprediksi Idulfitri jatuh pada 15-16 Juni mendatang. “Puncak diprediksi H-3 dan H-1 lebaran. Baik di pelabuhan, di bandara maupun di stasiun,” katanya.

PT Angkasa Pura 1 Juanda saat ini tengah mengantisipasi prediksi lonjakan penumpang di bandara. Salah satunya dengan menyiapkan ruang tunggu yang cukup, termasuk terminal Umrah akan kami manfaakan untuk ruang tunggu pemudik. 

Libur Mudik tahun ini berbeda dengan libur Lebaran sebelumnya. Total libur Lebaran 2018 ini ada 10 hari. Yakni 2 hari libur Idulfitri 1439H pada 15 dan 16 Juni 2018. Kemudian tambahan 8 hari cuti bersama. Yakni pada 11, 12, 13, 14, 17, 18, 19, dan 20 Juni 2018.

Pengelola Bandara Juanda l mengupayakan agar para pemudik nyaman saat menunggu keberangkatan. Termasuk mengantisipasi penumpukan penumpang karena penerbangan delay. Saat ini, persiapan layanan Bandara Juanda tengah dimaksimalkan. Nantinya akan ada posko Lebaran yang siap melayani penumpang. 



(ALB)