6 Orang Terluka Akibat Gempa di Sumenep
Rumah terdampak gempa di Sumenep. (BNPB)
Sumenep: Masyarakat Sumenep, Jawa Timur, dikejutkan gempa berkekuatan 4,8 SR pada Rabu malam, 13 Juni 2018. Enam orang luka ringan akibat gempa tersebut. 

"Guncangan keras ini dirasakan masyarakat di Kecamatan Batu Putih meliputi Desa Bulaan, Desa Batu Putih Laok, Desa Bantelan, Desa Sergeng, dan di Kecamatan Dasuk di Desa Dasuk Timur," kata Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis, Kamis 14 Juni 2018. 

Sutopo menuturkan, dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) episenter gemba di darat dengan jarak 6 kilometer arah Timur Laut Sumenep, dengan kedalaman 12 kilometer.


"Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi intraplate dengan hiposenter dangkal akibat aktivitas patahan lokal," ujarnya. 

Dia menambahkan, gempa dirasakan masyarakat selama 5 detik. Masyarakat yang panik, berhamburan keluar saat melaksanakan salat tarawih. 

Selain mengakibatkan 6 orang luka, 25 unit rumah rusak berat, 52 unit rumah rusak ringan, 2 unit masjid rusak berat, 1 unit masjid rusak ringan, 1 unit madrasah rusak berat dan 1 unit pondok pesantren rusak ringan. 

"Kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah," ucapnya.




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id