Selama Ramadan Jam Belajar SMK/SMA di Jember Dipersingkat
Ilustrasi -- Medcom.id/Rhobi Shani
Jember: Jam kegiatan proses belajar mengajar untuk SMA dan SMK di Jember berkurang dibanding hari biasa selama Ramadan. Pengurangan jam belajar ini disesuaikan dengan jam kerja Aparatur Sipil Negara yang juga berkurang.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Jember Lutfi Isa Anshori mengatakan bila di hari biasa satu jam pelajaran berlangsung 45 menit. Untuk Ramadan, satu jam pelajaran hanya berlangsung 30 menit. Sehingga siswa yang biasanya pulang jam 15.00 WIB, selama Ramadan akan pulang jam 13.00 WIB.

"Siswa yang biasanya pulang jam 3 sore, selama Ramadan akan pulang jam 1 siang." Kata Lutfi kepada Medcom.id Rabu, 16 Mei 2018.


Sesuai Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, meski sudah dilakukan pengurangan jam belajar, sekolah diwajibkan mengadakan kegiatan pondok ramadan, yang akan dimulai 28 Mei-2 Juni mendatang.

Lutfi juga mengungkapkan, bagi siswa yang beragama nonmuslim, sekolah akan memberikan kegiatan lain seperti materi pendidikan cinta tanah air. Lutfi juga bilang, di awal Ramadan mulai hari ini siswa diliburkan, dan akan masuk kembali tanggal 23 Mei mendatang.

"Untuk siswa nonmuslim, kita siapkan materi pendidikan cinta tanah air," Pungkas Lutfi.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id