Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan keterangan pers mengenai update bencana tsunami di Selat Sunda di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta, Selasa (25/12). MI  Fotografer:	ROMMY PUJIANTO.
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan keterangan pers mengenai update bencana tsunami di Selat Sunda di kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta, Selasa (25/12). MI Fotografer: ROMMY PUJIANTO. (Deny Irwanto)

Gempa di Malang Tidak Menyebabkan Kerusakan

gempa gempa bumi
Deny Irwanto • 19 Februari 2019 10:38
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan kondisi warga di wilayah Malang dan sekitarnya berangsur normal pascagempa 5,9 Skala Ritcher (SR) mengguncang Selasa, 19 Februari 2019, pukul 02.30 WIB.
 
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya belum menemukan adanya kerusakan di wilayah Malang. Gempa tersebut juga tidak berpotensi tsunami.
 
"Kondisi masyarakat normal. (Gempa) tidak menimbulkan dampak merusak," kata Sutopo dalam keterangan tertulis, Selasa, 19 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sutopo menjelaskan, posko BNPB telah melakukan konfirmasi dampak gempa ke beberapa Badan Penanggulangan Bencana Daerah Malang yang merasakan guncangan.
 
Sutopo memastikan hingga saat ini belum ada laporan dampak akibat kejadian gempa tersebut. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa.
 
"Sebagian masyarakat melakukan respon dengan keluar rumah saat merasakan guncangan gempa. Kondisi masyarakat normal dan beraktivitas seperti biasa," jelas Sutopo.
 
Meski demikian, BPBD masih melakukan pendataan di lapangan dan berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan. Sutopo mengimbau agar masyarakat selalu waspada.
 
"Jangan percaya pada isu-isu menyesatkan karena hingga saat ini belum ada negara dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti kapan, di mana, kekuatannya, lokasi detil dan lainnya," pungkas Sutopo.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif