Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, didampingi Sekretaris DPD PDIP Sri Untari. (Medcom.id/Amal).
Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, didampingi Sekretaris DPD PDIP Sri Untari. (Medcom.id/Amal). (Amaluddin)

PDIP 'Tekel' PKB di Jatim

kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Amaluddin • 13 Mei 2019 13:19
Surabaya: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi jawara setelah meraih 27 kursi terbanyak dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Jawa Timur. Selain menjadi partai pemenang, PDIP juga bakal mengambil alih kursi ketua DPRD Jatim dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
 
"Kalau memang ditugaskan oleh partai, saya siap. Yang jelas PDIP menang dengan 27 kursi DPRD Jatim," kata Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, di kantor DPD PDIP Jatim, Minggu, 13 Mei 2019 malam.
 
Pada pemilu 2019, PKB meraih 24 kursi, naik dari pemilu 2014 yakni sebanyak 20 kursi. Meski begitu perolehan suara PKB masih kalah dibandingkan dengan PDIP. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain tingkat provinsi, PDIP juga menjadi jawara di tingkat kabupaten/kota dengan menang di 18 daerah dari total 38 kabupaten/kota di Jatim. Adapun 20 kabupaten/kota dibagi oleh parpol-parpol lainnya. 
 
“PDIP juga ikut mengantarkan kemenangan 65,7 persen bagi Pak Jokowi dan meraih 20 kursi untuk DPR,” ujarnya.
 
Baca: Kursi NasDem di DPRD Jatim Meningkat
 
Untuk DPRD Jatim, menurutnya, prestasi ini merupakan kali pertama dalam sejarah PDIP meraih suara terbesar di Jatim. Sehingga bisa dipastikan PDIP akan mengirim wakilnya menjadi ketua DPRD Jatim periode 2019-2024. 
 
“Terima kasih kepada seluruh rakyat Jatim. Ini kepercayaan rakyat yang luar biasa,” katanya.
 
Menurut Kusnadi, ada tiga kunci kemenangan PDIP dalam Pemilu 2019. Pertama, kesolidan seluruh jaringan partai serta kerja sistematis dari para caleg. “Sudah sejak lama konsolidasi di PDIP berjalan intens. Sehingga tim sangat solid. Apalagi, semua caleg bergerak serempak,” katanya.
 
Kedua, kerja nyata Presiden Joko Widodo yang telah dirasakan masyarakat. Kemudian Jokowi adalah representasi PDIP. "Selama ini Pak Jokowi dan PDIP juga terus beriringan bekerja nyata dalam berbagai program pemerintah. Itu memudahkan masyarakat dalam membaca rekam jejak PDIP, sehingga mantap memilih PDIP,” katanya.
 
Ketiga, PDIP mendapat tempat di hati publik karena isu-isu pro-rakyat yang terus diperjuangkan dalam berbagai tingkatan. “Seluruh jaringan PDIP menyuarakan keberpihakan kepada rakyat kecil, pemerataan infrastruktur, pembangunan sektor pendidikan dan kesehatan, serta komitmen terhadap kebhinekaan. Isu-isu strategis itu sesuai kehendak rakyat,” katanya.
 
Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari menambahkan, di sejumlah daerah, PDIP juga berhasil mempertahankan kemenangan. Total ada 18 kabupaten/kota di Jatim yang dimenangkan PDIP, sehingga otomatis PDIP menjadi ketua DPRD kabupaten/kota setempat.
 
“Sekarang fokus kami memperkuat konsolidasi seluruh anggota legislatif dan eksekutif dari PDIP. Kita kawal komitmen memperjuangkan cita-cita kesejahteraan rakyat. Jadikan PDIP sebagai alat untuk membantu rakyat, membersamai rakyat dalam suka dan duka,” kata Untari.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif