Kemenperin Buka Wisata 3in1 dan Pasar Kreatif di Sidoarjo
Kementerian Perindustrian melalui Ditjen Industri Kecil dan Menengah (IKM), Gati Wibawaningsih resmi membuka Wisata 3in1 dan Pasar Kreatif Tanggulangin Sidoarjo, Jumat, 2 November 2018. Medcom.id/ Syaikhul Hadi.
Sidoarjo: Kementerian Perindustrian melalui Ditjen Industri Kecil dan Menengah (IKM), Gati Wibawaningsih resmi membuka Wisata 3in1 dan Pasar Kreatif Tanggulangin Sidoarjo. 

Wisata 3in1 merupakan output dari program revitalisasi Sentra IKM Tanggulangin yang diinisiasi Kementerian Perindustrian dengan menjadikan Tanggulangin tidak hanya sebagai wisata Industri, melainkan wisata edukasi dan Belanja.

Menurut Gati, Kementerian perindustrian terus berupaya mendorong pertumbuhan sektor industri kulit, alas kaki dan barang jadi kulit sebagai salah satu sektor industri prioritas yang mampu memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian nasional melalui berbagai program strategis. 


"Salah satunya melalui Program Revitalisasi Sentra IKM Tanggulangin," kata Gati saat di Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat, 2 November 2018.

Program yang digagas oleh Kementerian Perindustrian melalui Ditjen IKM sejak 2017 lalu, bertujuan meningkatkan kinerja ekosistem bisnis di sentra tas dan koper Tanggulangin yang mengalami penurunan sejak terjadinya bencana lumpur. 

"Pemerintah bersama-sama mencoba untuk mengangkat kembali industri Tanggulangin seperti masa kejayaan," jelas Gati.

Menurut Gati, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan industri kulit, alas kaki, dan barang jadi kulit. Saat ini, Indonesia berada pada urutan ke-6 sebagai eksportir produk kulit, alas kaki dan barang jadi kulit dengan market share sebanyak 3 persen. 

"Keberagaman dan kreativitas para pelaku usaha membuat produk di  Indonesia memiliki daya saing yang cukup tinggi di pasar domestik dan internasional," beber Gati.

Berdasarkan data yang ada di Kemenperin, Kinerja ekspor sektor ini sejak periode Januari sampai dengan September 2018 mencapai US$ 4,16 milyar. Ada peningkatan sebanyak 6,28 persen dari periode yang sama di tahun 2017 yang hanya mencapai US$ 3,1 milyar, dengan negara tujuan ekspor utama di antaranya Amerika Serikat, Belgia, Jepang, dan Cina. 

Sementara, Pasar Kreatifitas Tanggulangin Sidoarjo tidak hanya menghadirkan icon Tanggulangin berbahan dasar kulit, para pengrajin juga menghadirkan berbagai macam produk baik berbahan limbah yang daur ulang hingga bermotif batik. Seperti tas, dompet, ikat pinggang, dan lain sebagainya.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id