Ikan predator yang dimusnahkan di Sidorjo, Jumat, 31 Agustus 2018, Medcom.id - Hadi
Ikan predator yang dimusnahkan di Sidorjo, Jumat, 31 Agustus 2018, Medcom.id - Hadi (Syaikhul Hadi)

45 Ikan Predator Dimusnahkan

perikanan
Syaikhul Hadi • 31 Agustus 2018 20:30
Sidoarjo: Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) Surabaya I dan BKIPM Surabaya II memusnahkan 45 ekor ikan predator di kawasan Puspa agro, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur. Puluhan ikan itu terdiri dari jenis arapaima, aligator, dan beberapa jenis ikan invasif lainnya. 
 
Kasi Pengawasan, Pengendalian dan Informasi (Wasdalin) BKIPM Surabaya I, Wiwit Supriyono mengungkapkan ikan predator sengaja dimusnahkan agar tidak membahayakan ekosistem yang ada di Indonesia. 
 
"Ada beberapa ikan predator yang dimusnahkan. Beberapa di antaranya arapaima gigas 9 ekor, ikan aligator 28 ekor, red tail cat fish 3 ekor, silver dollar 5 ekor, dan ikan tomang satu ekor," kata Wiwit, Jumat, 31 Agustus 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ikan-ikan itu ditemukan di beberapa sungai di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Gresik, dan Probolinggo. Ada juga ikan yang diserahkan oleh warga secara sukarela lantaran berbahaya. Sebelum dimusnahkan, Ikan-ikan tersebut lebih dulu dilakukan anestei (pemingsanan). 
 
"Anestei itu dilakukan agar perlahan ikan mati. Nah, setelah itu barulah dimasukkan ke dalam lubang yang sudah disiapkan dan diuruk dengan tanah, layaknya proses penguburan pada umumnya," jelasnya. 
 
Proses pemusnahan dengan cara seperti ini sengaja dilakukan karena dianggap lebih praktis dan aman, dan tidak menyebabkan polusi. Dalam proses pemusnahan itu, turut hadir Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, Balai Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHL) Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara, Satker PSDKP Surabaya, Wilker BPSPL Surabaya dan para pemilik ikan. 

 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif