Suasana solat jenazah KH Tholhah Hasan di Masjid Ainul Yaqin Unisma, Malang, Jawa Timur, Rabu, 29 Mei 2019. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq.
Suasana solat jenazah KH Tholhah Hasan di Masjid Ainul Yaqin Unisma, Malang, Jawa Timur, Rabu, 29 Mei 2019. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq. (Daviq Umar Al Faruq)

Tholhah Hasan Sosok Penting Perkembangan Islam di Indonesia

obituari
Daviq Umar Al Faruq • 29 Mei 2019 19:12
Malang: Mantan Menteri Agama, KH Tholhah Hasan dikenal sebagai sosok penting dalam perkembangan Islam di Indonesia. Rais Syuriyah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand, Nadirsyah Hosen mengatakan peran penting KH Tholhah di antaranya sebagai pendiri Universitas Islam Malang (Unisma), Menteri Agama era Gus Dur, dan mantan Wakil Rais Am PBNU era Kiai Sahal Mahfud.
 
"Kepergian beliau adalah duka dan kerugian besar untuk umat Islam," kata Nadirsyah dalam keterangan resmi yang diterima Medcom.id, Rabu, 29 Mei 2019.
 
Nadirsyah mengatakan KH Tholhah adalah sosok yang teduh, bersahaja dan penuh dengan gagasan visioner, khususnya masalah pendidikan dan Aswaja. Dia juga terus mengikuti pemikiran keislaman dengan mengupdate bacaan kitab kontemporer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau rutin mengelola pengajian kitab Ihya ‘Ulumiddin karya Imam al-Ghazali di rumahnya. Dan anehnya yang ikut ngaji itu termasuk para kiai," jelas Nadirsyah.
 
Dosen Senior Monash Law School, Australia ini mengaku sempat berkunjung ke rumah KH Tholhah beberapa bulan yang lalu. Bahkan pada 2008 lalu, dia juga sempat mengundang KH Tholhah untuk safari Ramadan ke Australia.
 
"Saya ingat betul beliau menarik tangan saya masuk kembali ke kamar beliau setelah kawan-kawan yang lain keluar kamar. Kiai Tholhah mengatakan senang dengan cara saya memimpin kawan-kawan NU. Beliau rupanya diam-diam memperhatikannya. Kata beliau tidak mungkin kawan-kawan anda begitu loyal dan taat seperti ini kalau kepemimpinan anda tidak merakyat," ungkap Nadirsyah.
 
KH Tholhah meninggal di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, Jawa Timur. Pria kelahiran 10 Oktober 1936 itu sempat beberapa kali keluar masuk rumah sakit selama beberapa bulan terakhir.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif