Sebanyak 330 anggota Satgas Keamanan Desa Kecamatan Pasirian dikukuhkan Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban.
Sebanyak 330 anggota Satgas Keamanan Desa Kecamatan Pasirian dikukuhkan Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban. (charles meikiansyah)

Kapolres Lumajang Kukuhkan 330 Satgas Keamanan Desa

keamanan
charles meikiansyah • 07 Maret 2019 12:59
Lumajang: Sebanyak 330 anggota Satuan Tugas (Satgas) Keamanan Desa se-Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan oleh Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal di Balai Desa Pasirian, Rabu, 6 Maret 2019.
 
Arsal mengatakan Satgas Keamanan Desa tidak diberi gaji dari pemerintah. Pemerintah hanya sebagai wadah untuk mengarahkan dan menggugah kepedulian warga terhadap keamanan di lingkungan desanya masing-masing.
 
"Tercatat sudah 88 persen atau 182 Desa dari 205 desa/kelurahan yang telah terbentuk Satgas keamanan Desa di Kabupaten Lumajang. Total saat ini sudah terdapat 5.460 relawan keamanan yang tergabung dalam Satgas Keamanan Desa," kata Arsal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arsal mengatakan, Satgas Keamanan Desa akan dilengkapi dengan rompi, HT (Handy Talkie) dan alat-alat lainnya untuk menunjang kinerja mereka. Anggaran pembelian perlengkapannya menggunakan dana desa.
 
"Tugas Satgas Keamanan Desa adalah menjaga dan memastikan keamanan di desanya. Mereka bertugas mendesain sistem keamanan yang ada di desanya," ujarnya. 
 
Arsal menegaskan, anggota satgas juga dapat menjadi pemecah permasalahan, terhadap masalah-masalah keamanan di desanya, sehingga diharapkan persoalan-persoalan di masyarakat yang bisa berdampak terganggunya keamanan dapat dengan cepat dilakukan pencegahan.
 
“Mereka tidak hanya mengatasi masalah kriminalitas, tapi juga dapat memobilisasi masyarakat untuk gotong royong mengatasi bencana alam dan mengatasi permasalahan warga lainnya” kata Arsal.
 
Di Tempat yang sama, Dandim 0821 Lumajang Letkol Infantri Ahmad Fauzi, mengatakan, pihaknya mendukung keberadaan Satgas Keamanan Desa, yang digagas oleh Kapolres Lumajang.
 
"Kami juga sangat peduli dengan keamanan wilayah, utamanya di desa-desa. Kehadiran Satgas ini, merupakan sebuah solusi bagus untuk mengatasi persoalan-persoalan keamanan seperti begal, dan pencurian sapi yang marak di Lumajang," tegasnya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif