Gudang Bahan Kimia Terbakar di Sidoarjo
Kebakaran di gudang bahan kimia di Sidoarjo. (Foto: S Hadi)
Sidoarjo: Sebuah gudang tempat penyimpanan bahan kimia di kawasan Jalan Raya Taman, Kecamatan Taman, Sidoarjo,  Jawa Timur, terbakar. Sebagian bagunan ludes terbakar. 

Kapolsek Taman, AKP Samirin, mengungkap insiden kebakaran terjadi pada Kamis pagi, 28 Juni 2018, sekitar pukul 08.30 WIB. 

"Kami belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran ini. Saat ini petugas masih konsentrasi untuk  memadamkan api dengan cara pembasahan," ujar Samirin. 


Dia menjelaskan, kurang lebih sekitar 11 mobil pemadam kebakaran sudah disiagakan ke lokasi. Hingga pukul 11.00 WIB, petugas masih berusaha memadamkan api. 

"Saat ini api sudah menyurut, dan petugas sudah mulai melakukan pembasahan," ungkapnya. 

Pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti dan meminta keterangan sejumlah saksi atas kejadian tersebut. Beruntung, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. 

Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Sidoarjo, Sri Mulyono, mengaku api sulit dipadamkan karena banyaknya barang dan bahan yang mudah terbakar. Selain itu, gudang pun tak dilengkapi hydrant sehingga menyulitkan petugas mendapat pasokan air.

"Kita upayakan memakai busa untuk memadamkan api. Karena bahan-bahan yang terbakar ini merupakan bahan kimia, salah satunya tiner. Sehingga api mudah merambat," kata Sri Mulyono. 

Hingga kini, petugas Pemadam Kebakaran masih mendinginkan lokasi tersebut. Petugas PMK juga melokalisasi kebakaran agar tidak merambat ke sisi barat yang berbatasan dengan SPBU. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan petugas SPBU agar tidak beroperasi selama proses pemadaman berlangsung.  

"Alhamdulillah, api bisa dikendalikan. Dan saat ini sedang dilakukan proses pembasahan," tambahnya. 



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id