Jalan Tol Pandaan Malang (Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Jalan Tol Pandaan Malang (Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR) (Daviq Umar Al Faruq)

Tol Pandaan-Malang Pangkas Waktu Tempuh Surabaya-Malang

infrastruktur jalan tol
Daviq Umar Al Faruq • 13 Mei 2019 19:14
Malang: Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, beroperasinya Jalan Tol Pandaan-Malang mampu mempersingkat waktu tempuh Surabaya-Malang. Sebelumnya Surabaya-Malang butuh waktu 4 jam sampai 5 jam, kini hanya satu jam sampai 1,5 jam perjalanan.
 
"Dengan demikian, arus mobilisasi barang dan jasa menjadi lebih efisien sehingga industri dan pariwisata di wilayah sekitar dapat terus tumbuh,” katanya saat peresmian Jalan Tol Pandaan-Malang di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, 13 Mei 2019.
 
Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), Agus Purnomo, mengatakan Tol Pandaan-Malang termasuk dalam poyek strategis nasional (PSN) meski tak termasuk dalam tol Trans Jawa. Tol Pandaan-Malang yang diresmikan Presiden Joko Widodo mulai beroperasi besok, Selasa, 14 Mei 2019, tanpa tarif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jalan Tol Pandaan-Malang akan dioperasikan tanpa tarif untuk memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat, sambil menunggu Keputusan Menteri PUPR tentang tarif tol," tutupnya.
 
Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki total panjang jalan 38,488 kilometer. Sebanyak tiga seksi diresmikan oleh Presiden Jokowi, mencakup Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 kilometer, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,50 kilometer dan Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,51 kilometer. 
 
Sedangkan seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer beroperasi fungsional saat arus mudik balik Lebaran 2019. Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,113 kilometer masih tahap konstruksi.
 
Baca: Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Dibuka Fungsional Saat Mudik
 
Selain itu, pembangunan underpass Karanglo di exit tol Singosari masih berlangsung. Underpass itu bakal memecah arus lalu lintas dari Malang ke Surabaya dan sebaliknya, juga kendaraan yang keluar Singosari menuju Batu. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan. 
 
Untuk mengantisipasi genangan, Underpass Karanglo dilengkapi drainase yang mengalirkan air secara gravitasi ke Sungai Bodo melalui dua pipa HDPE berukuran 60 sentimeter. Ditambah pompa submersible untuk mengalirkan air saat hujan, ke Sungai Bodo. Pembangunan Underpass Karanglo merupakan bagian dari pekerjaan pembangunan Tol Pandaan-Malang Seksi 3. 
 
Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki PT. Jasa Marga sebesar 60 persen, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35 persen dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5 persen. Biaya investasi sebesar Rp5,9 triliun. 
 
Jalan tol Pandaan-Malang diharapkan memudahkan wisatawan ke Taman Safari Prigen, Kebun Teh Wonosari, Candi Singosari dan kawasan wisata Batu, Malang. Tol Pandaan-Malang juga meningkatkan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Sultan Abdul Rachman Saleh. 
 
Bonusnya, pengguna jalan tol Pandaan-Malang akan disuguhi pemandangan alam pegunungan.  Salah satunya di gerbang tol Lawang yang memiliki pemandangan menawan dari Gunung Arjuno.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif