Puluhan pekerja tengah melakukan proses pemulihan jalan ambles di Jalan Gubeng Surabaya, Jawa Timur. (Medcom.id/Amal).
Puluhan pekerja tengah melakukan proses pemulihan jalan ambles di Jalan Gubeng Surabaya, Jawa Timur. (Medcom.id/Amal). (Amaluddin)

Polisi bakal Uji Coba Jalan Gubeng

Jalan Gubeng Ambles
Amaluddin • 26 Desember 2018 17:08
Surabaya: Jalan ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, sudah diuruk dan diaspal. Meski begitu, jalan nasional itu belum dibuka untuk umum. Agar bisa dilalui masyarakat, polisi bakal menguji coba kelayakan jalan tersebut. 
 
"Nanti kalau sudah benar-benar layak, baru bisa difungsikan," kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, di lokasi, Rabu, 26 Desember 2018. 
 
Namun, Rudi belum bisa mengatakan kapan uji kelayakan jalan ambles itu akan dilakukan. Saat ini, kata Rudi, proses pengaspalan baru dilakukan, sehingga jalan yang baru diaspal harus mengering sebelum dilintasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apabila nanti sudah selesai, terlebih dahulu akan diuji coba. Toh pengaspalan juga baru dilakukan, belum selesai," ujarnya.
 
Meski jalan itu dibuka, lanjut Rudi, hanya ada dua sisi sebelah timur yang akan difungsikan, karena masih ada pengerjaan pemasangan dinding penahan jalan. Karena itu, untuk mengantisipasi kepadatan yang mungkin terjadi, pihaknya juga akan merekayasa lalu lintas. 
 
"Saat uji coba kelayakan, nanti kita akan gunakan kendaraan berat proyek bukan kendaraan umum, untuk memastikan benar-benar layak dan tidaknya," ujarnya.
 
Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan jika diizinkan Polda Jatim Jalan Raya Gubeng bisa dibuka dua jalur pada Rabu sore ini. Sampai saat ini, pemulihan Jalan Raya Gubeng sudah memasuki tahap pengaspalan, tepatnya pada tahap penerapan aspal cair.
 
Kendati demikian, jalan yang sudah di aspal ini nantinya tidak dapat berfungsi secara maksimal. Sebab, Risma menginginkan pengendara hanya dapat melalui dua lajur di sebelah timur saja.
 
"Saya masih butuh tempat untuk bekerja memasang box di sisi barat pedestrian. Mungkin baru selesai tiga hari pemasangan box itu," katanya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi