ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi.
ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi. (Amaluddin)

Empat Mahasiswa Universitas Hasyim Ashari Tewas Kecelakaan

kecelakaan lalu lintas
Amaluddin • 26 April 2019 15:30
Surabaya: Empat mahasiswa dan satu sopir tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Madiun-Nganjuk, tepatnya di kilometer 638,4 Nganjuk, Jawa Timur, Jumat, 26 April 2019 dini hari.
 
"Kecelakaan ini melibatkan mobil travel Toyota Hiace bernomor polisi H 1138 VS dengan truk bernomor polisi B 9586 MB," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes  Frans Barung Mangera, di Surabaya, Jawa Timur.
 
Barung menjelaskan, mobil travel yang terlibat kecelakaan tersebut membawa rombongan 10 mahasiswa Universitas Hasyim Ashari, Tebuireng, Jombang. Mobil tersebut dalam perjalanan kembali ke Jombang usai mengikuti acara di Yogyakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara enam penumpang lainnya selamat, di mana lima di antaranya mengalami luka-luka. "Kecelakaan ini diduga karena sopir mobil travel mengantuk usai menempuh perjalanan dari Yogyakarta. Sementara kecepatan mobil saat itu diperkirakan 110 kilometer per jam," jelas Barung.
 
Menurut Barung, kecelakaan bermula ketika Toyota Hiace yang dikemudikan Zuhdi F, 24, memasuki kilometer 638,4. Mobil Hiace  tersebut oleng ke kiri, sehingga menabrak bagian belakang truk yang dikemudikan M Khamdi, 34, dan kernet Wahyu, 30, asal Jepara, Jateng.
 
Akibatnya, empat penumpang dan sopir mobil Toyota Hiace, Zuhdi, meninggal. Sedangkan enam penumpang selamat, lima di antaranya mengalami luka-luka dan dilarikan ke RSUD Nganjuk dan RS Bhayangkara Nganjuk.
 
Empat penumpang tewas adalah mahasiswa Universitas Hasyim Ashari. Mereka adalah Badiatul Muawiyah, 22, Syamsul Huda, 23, Agustina Ningsih, 22, dan Sulaimatul Azizah, 22. Sedangkan enam korban selamat adalah Nur Irfa Maaliyah, 22, Fitriana Dewi, 25, Bilqis Fatimatus, 22, Miftahul Binti, 22, Miftahul Mulya, 22, serta Yusuf Yusian, 22.
 
Sementara Kepala Satuan Polisi Jalan Raya (PJR) Polda Jatim AKBP Bambang Wibowo mengingatkan, kondisi jalan tol yang mulus dan lebar seringkali membuat sopir ingin memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Padahal, kewaspadaan seharusnya ditingkatkan dengan kondisi seperti ini agar tidak terjadi kecelakaan.
 
"Bahkan jika kondisi lelah akibat perjalanan jauh, sebaiknya memanfaatkan tempat istirahat yang sudah dibangun pengelola jalan tol," kata Bambang.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif