Polisi Tunggu Hasil Labfor Kasus Ujaran Kebencian Ahmad Dhani

Amaluddin 20 November 2018 13:49 WIB
ujaran kebencian
Polisi Tunggu Hasil Labfor Kasus Ujaran Kebencian Ahmad Dhani
Terdakwa kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani bersiap menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/11/2018). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.
Surabaya: Penanganan kasus ujaran kebencian dengan tersangka musisi Ahmad Dhani Prasetyo di Polda Jawa Timur mandek. Sampai saat ini Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur belum juga melimpahkan berkas perkara ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, dari sebelumnya yang ditargetkan rampung satu pekan sejak tanggal 13 November 2018.

"Tapi yang jelas kasus Dhani masih lanjut," kata Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Harissandi di Mapolda Jatim, Selasa, 20 November 2018.

Haris menjelaskan, saat ini penyidik masih menunggu hasil identifikasi labfor barang bukti Dhani. Saat ini barang bukti yang telah terkumpul adalah media sosial instagram dan handphone milik Dhani.


"Jadi kami masih menunggu hasil labfor BB itu, sehingga belum melimpahkan berkas ke Kejati Jatim. BB itu masih diuji apakah benar pakai itu, apakah benar menggunakan IG itu. Hasilnya akan keluar pekan ini," jelas Haris.

Baca: Ahmad Dhani Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

Haris kembali mengatakan, penyidik telah mengakomodir dua saksi ahli yang diajukan Dhani. Keduanya sudah mendatangi Polda Jatim untuk dimintai keterangan dalam kasus ujaran kebencian.

"Ahmad Dhani sudah hadirkan ahli pidana dan ITE pada Minggu lalu ke Polda Jatim. Ahli Pidana dari Universitas Tri Sakti dan Ahli ITE dari Kemenkominfo," ungkap Haris.

Ahmad Dhani dilaporkan elemen Koalisi Pembela NKRI ke Polda Jatim karena nge-vlog saat dia tertahan pendemo di Hotel Majapahit, Surabaya, pada Minggu, 26 Agustus 2018. Saat itu, Dhani dijadwalkan hadir ke acara deklarasi #2019GantiPresiden di Tugu Pahlawan Surabaya. Deklarasi itu batal karena terjadi gesekan antara massa pro dan kontra.

Tak lama kemudian, vlog Dhani yang berisi ujaran kebencian 'idiot' itu viral, karena menyinggung demonstran.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id