12 ekor rusa ditemukan tewas di kawasan penangkaran Coban Jahe, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu, 20 Januari 2019. (Foto: Dok. Profauna Indonesia).
12 ekor rusa ditemukan tewas di kawasan penangkaran Coban Jahe, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu, 20 Januari 2019. (Foto: Dok. Profauna Indonesia). (Daviq Umar Al Faruq)

12 Rusa Diduga Diserang Hingga Tewas Oleh Macan Tutul

serangan hewan
Daviq Umar Al Faruq • 21 Januari 2019 13:02
Malang: 12 ekor rusa jenis tutul ditemukan mati mendadak di kawasan penangkaran Coban Jahe, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu, 20 Januari 2019 sekitar pukul 06.30 WIB.
 
Ketua Profauna Indonesia, Rosek Nursahid mengatakan, rusa tersebut awalnya diketahui tewas oleh seorang penjaga penangkaran yang hendak memberi makan rusa.
 
"Sebanyak dua ekor rusa juga hilang. Jadi yang tewas dan hilang ada 14 ekor," kata Rosek saat dikonfirmasi, Senin, 21 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rosek mengungkapkan, pihaknya saat ini masih mengumpulkan informasi terkait kematian misterius belasan ekor rusa tutul ini. Dugaan sementara, rusa-rusa tersebut mati akibat gigitan macan tutul.
 
"Yang jelas ada luka gigitan di leher. Dugaan kami sementara adalah karena macan tutul. Karena biasanya yang menyerang rusa atau kambing di wilayah dekat hutan itu ada dua yaitu macan tutul dan anjing liar," jelas Rosek.
 
Sebagai informasi, lokasi Coban Jahe berdekatan dengan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Beberapa waktu yang lalu di kawasan tersebut terdektesi keberadaan macan tutul.
 
"Kalau anjing liar biasanya menyerang pada bagian perut, kalau macan pada bagian leher atau tengkuk," ungkap Rosek.
 
Sementara itu, pasca penemuan tersebut, Polsek Jabung bersama Asper Perhutani langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Dua ekor rusa yang hilang diduga telah dimangsa oleh macan tutul.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif