Prabowo Ziarah ke Makam Soekarno
: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi pembicara kunci pada bedah buku. Antara/Indrianto Eko Suwarso
Blitar: Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto berziarah ke makam Presiden pertama Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Bllitar, Jawa Timur, Jumat, 4 Mei 2018. Dia berziarah bersama Rachmawati Soekarnoputri, putri Bung Karno.

"Hari ini saya diajak Bu Rachmawati untuk ziarah ke makam pendiri hangsa ini, 'founding father' kita, proklamator kita, Presiden pertama Bung Karno," kata Prabowo setelah ziarah.

Ia mengatakan ziarah tersebut sebagai bagian untuk menghormati Bung Karno. Menurut dia, ziarah adalah tradisi yang baik dan memang harus selalu dilestarikan.


"Saya kira ini suatu budaya baik, tradisi baik untuk anak bangsa selalu menghormati pendiri bangsa," kata dia.

Disinggung terkait dengan majunya dirinya di Pemilu Presiden 2019, Prabowo mengatakan saat ini dijalani dengan baik. Partai masih mencari sosok figur calon wakil presiden yang akan diajak bergandengan di Pemilu Presiden 2019.

"Untuk 2019 saya kira dijalani dengan baik. Kita jalankan saja. calon Wapres masih cari yang terbaik dan semua masih dalam proses, artinya pada saat yang tepat dengan kehendak rakyat," ujarnya.

Terkait dengan hasil survei, Prabowo mengaku tidak ingin ambil pusing dengan hasil survei dari lembaga survei yang ada saat ini. Ia dengan timnya mempunyai survei sendiri, sehingga hasilnya juga bisa lebih meyakinkan.

"Hasil survei itu tergantung siapa yang bayar. Kami punya survei sendiri dan bagus," katanya.

Ia berencana dalam waktu dekat akan koordinasi dengan PKS, untuk membahas masalah pemilihan termasuk Pemilihan Presiden 2019. Direncanakan, dirinya akan naik kuda dengan Muhammad Sohibul Iman (Presiden Partai Keadilan Sejahtera).

"Hubungan dengan PKS baik, jadi mungkin nanti, sebentar lagi saya akan naik kuda dengan Pak Sohibul," ujar Prabowo.

Prabowo datang sekitar jam 09.00 WIB dengan rombongan. Saat datang di makam Bung Karno, para pendukungnya langsung menyambut. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang mengenakan kaos yang bertuliskan "Prabowo for Presiden".

Sebelum ziarah, Prabowo mengikuti upacara kemiliteran di lokasi makam. Puluhan pendukung juga ikut upacara kemiliteran tersebut dan setelahnya baru menuju makam. Di tempat tersebut, pemuka agama memimpin doa lalu tabur bunga.

Dalam acara itu, juga ikut serta Rachmawati Soekarnoputri yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Nampak juga sejumlah anak-anak Rachmawati juga ikut ziarah. Rachmawati dengan naik kursi roda nampak haru, meneteskan air mata di makam ayahnya.

Setelah selesai ziarah, kegiatan juga masih ditutup dengan upacara kemiliteran. Selanjutnya, Prabowo meninggalkan lokasi makam menuju ke Kabupaten Nganjuk untuk bertemu dengan para kader.



(SUR)