Soekarwo Ditawari Ketua Pemenangan Jokowi di Jatim
Gubernur Jatim Soekarwo. (Medcom.id/Amal).
Surabaya: DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur akan meminang Gubernur Jawa Timur Soekarwo sebagai ketua Tim Pemenangan calon presiden (capres) Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang. PDIP menilai sosok Soekarwo punya massa konkret di Jawa Timur.

"Pakde Karwo (sapaan akrab Soekarwo) memang disiapkan menjadi tim pemenangan untuk Jatim, sehingga Jatim bisa konkret ke Jokowi," kata Ketua bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPD PDIP Jawa Timur, Edi Paripurna di Surabaya, Rabu, 8 Agustus 2018.

Baca: Dukung Jokowi, Soekarwo Belum Diundang Rapat Majelis Tinggi Demokrat


Edi menjelaskan dipilihnya Pakde Karwo berdasarkan hasil sigi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Partai Demokrat (PD) Jatim beberapa waktu lalu. Mayoritas kader Demokrat menginginkan Sokarwo mendukung Jokowi.

"Melihat keputusan Partai Demokrat beberapa minggu lalu dalam rakerda, ternyata dukungan kader Demokrat ke Jokowi. Dan itu kembali ke Demokrat lagi. Kami tidak akan intervensi, tapi PDIP Jatim akan mengarah ke sana (melamar Pakde Karwo sebagai Ketua Tim Pemenangan di Jatim, red)," jelas Edi.

Alasan lain, lanjut Edi, karena Khofifah Indar Parawansa telah mendeklarasikan diri dan siap menjadi tim kampanye Jokowi. Khofifah sendiri merupakan Gubernur Jawa Timur terpilih yang didukung Soekarwo.

"Ini adalah pemilihan presiden dan massa nasionalis akan bergabung dengan PDIP. Rencana ke sana setelah ada penetapan capres dan langsung dibentuk tim pemenangan di masing-masing daerah," jelas Edi.

Baca: Pemilih Pemula 1,2 Juta Jiwa

Mantan Bupati Pasuruan itu menegaskan poin terpenting adalah Pakde Karwo merupakan nasionalis karena mantan ketua Pengurus Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Maka, PDIP memastikan jika Soekarwo akan menjadi bagian penting sebagai pendukung Jokowi.

"Sesuai harapan, satu sisi Pakde Karwo sebagai orang nasionalis dan gubernur terpilih Khofifah menjadi pendukung Jokowi," pungkas Edi.



(DEN)