Pemasok Material Bongkar Proyek SDN Wadungsari
Seorang tukang menurunkan genting yang sudah terpasang dalam pembangunan ruang kelas baru. Medcom.id/Syaikhul Hadi
Sidoarjo: Pembangunan ruang kelas baru di Sekolah Dasar Negeri Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, dibongkar pemasok material. Pemasok kesal lantaran material senilai Rp211 juta yang diambil belum dibayar.

Pemilik bahan material Wahdan Ma'ruf mengungkap pembelian bahan material untuk proyek ruang kelas sudah lama tidak dibayar. Ia mengaku hanya menerima uang senilai Rp3 juta dari Budiono selaku pemodal pembangunan proyek tersebut.

"Awalnya hanya dibayar tiga juta oleh Budiono, setelah itu sampai hari ini enggak dibayar. Kurangnya Rp98 juta," ungkap Wahdan saat ditemui di SDN Wadungasri, Sidoarjo, Rabu, 28 November 2018.


Total kekurangan senilai Rp211 juta itu terbagi di tiga lokasi pembangunan. Di antaranya, SDN Bareng Krajan, SDN Sidorejo, dan SDN Wadungasri. Ia mengaku tidak ada pilihan lain selain membongkar pembangunan tersebut.

"Kalau tidak, rekan saya (penyuplai barang) akan mengira saya sudah menerima uang. Padahal tidak," ungkapnya dengan nada kesal.

Di samping itu, pembongkaran ini tidak serta merta dilakukan begitu saja. Pihaknya sudah melayangkan surat ke dinas terkait dan sekolah sejak jauh hari.

"Saya sudah minta izin, baik dinas, sekolah maupun pihak kepolisian. Karena saya pikir pembangunan ini terkesan dibiarkan begitu saja," tandasnya.

Salah satu guru SDN Wadungasri, Aziz, mengaku belum tahu persoalan proyek pembangunan tersebut. Dia hanya menyebut penambahan ruang kelas memang dibutuhkan.

Aziz mengatakan kapasitas ruang kelas dengan jumlah siswa tidak memadai.

SDN Wadungsari memiliki sekitar 570 siswa yang terbagi 19 rombongan belajar dari kelas I hingga kelas VI. Seluruh siswa harus berbagi sembilan ruang kelas.

Sampai saat ini pihak sekolah memberlakukan kegiatan belajar mengajar menjadi sif, sif pagi dan sif siang.

"Dengan ruang kelas yang baru dimungkinkan siswa bisa masuk pagi semua," tandasnya.

 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id