Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Syaikhul Hadi)

Kejati Jawa Timur Tangkap Buronan Korupsi Bulog

kasus korupsi
Syaikhul Hadi • 22 Maret 2019 17:06
Surabaya: Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menangkap buron kasus dugaan korupsi Bulog, Sigit Hendro Purnomo, 34, di kawasan Bandung, Jawa Barat. Sigit terlibat kasus dugaan korupsi Bulog yang diperkirakan mencapai Rp1,7 miliar. 
 
Asisten Pidana Khusus Kejati Jawa Timur, Didik Farkhan mengatakan, Sigit Hendro Purnomo ditangkap di rumah orang tuanya setelah berpindah-pindah tempat.
 
"Setelah tertangkap, tersangka juga sempat diinapkan di Kejari Bandung. Setelah itu kami bawa kesini (Kejati)," kata Didik Farkhan saat dikonfirmasi, Jumat, 22 Maret 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tersangka Sigit akan menjalani penahanan selama 20 hari kedepan. Ia akan dilakukan pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan pejabat di Perum Bulog Sub Divre Surabaya Selatan di Mojokerto. 
 
"Karena berkas perkaranya sudah rampung tinggal BAP tersangka bisa langsung ke Jaksa peneliti," beber Didik.
 
Sigit yang pernah menjabat Kasi Komersial dan pengembangan Bisnis Perum Bulog Sub Divre Surabaya Selatan di Mojokerto diketahui terakhir masuk kantor pada 31 Oktober 2017. Praktis, ketika kasusnya disidik Pidsus Kejati Jatim sejak November 2018, dia tidak pernah memenuhi panggilan, sehingga ditetapkan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron.
 
"Jadi, sejak 2018 kemarin dia sudah buron," katanya. 
 
Disinggung soal modus dugaan korupsi yang dilakukan Sigit, menurutnya sangat sederhana. Sigit diduga tidak menyetorkan hasil penjualan kepada Rumah Pangan Kita (RPK) senilai Rp.1,7 miliar ke rekening Bulog. Tersangka justru membuat rekening baru atas nama pribadi untuk menampung hasil penjualan. 
 
"Sigit juga lagi dicari Polda karena ada kasus penipuan dan penggelapan beberapa rekanan Bulog Jatim seperti Puspa Agro dan pihak BUMD lain dengan total senilai Rp.13 Milyar lebih," bebernya. 
 
Tertangkapnya Sigit dinilai melegakan pihak Bulog. Karena ada beberapa pihak yang merasa ditipu oleh Sigit, mendesak agar Bulog turut bertanggungjawab. 
 
"Karena dia diduga mengatasnamakan Bulog saya melakukan penipuan. Tadi pagi Kepala Divisi Hukum Bulog Pusat pak Irfan Aziz juga memberikan apresiasi kepada Kejaksaan yang telah berhasil menangkap Sigit," tandasnya.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif