Soekarwo bakal Tunjuk Plt Bupati Jombang
Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Wakil Bupati Jombang Mundjidah Wahab ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt) Bupati Jombang. Dia diangkat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menggantikan Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tapi, 15 Februari 2018 Mundjidah bakal mengajukan cuti untuk kampanye Pilkada 2018. Pengganti Munjidah bakal ditunjuk oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo

"Nanti Gubernur Jatim Pakde Karwo yang akan pilih Plt," kata Dirjen Otonomi Daerah Soemarsono saat dihubungi Medcom.id, Senin, 5 Februari 2018.

Baca: Bupati Jombang Jadi Tersangka Kasus Suap

Sampai saat ini, pihaknya belum mengetahui siapa yang bakal dipilih politikus Partai Demokrat itu. Yang pasti, kata Soemarsono, Plt bupati berasal dari pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Jatim.

"Intinya Plt ya dari eselon II Jatim. Kita masih belum tahu, terserah Pakde Karwo," imbuhnya.

Prinsipnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan terlebih dulu menerima usulan dari gubernur Jawa Timur. Jika dirasa cocok, baru surat penugasan Plt akan diteken menteri. "Kita menunggu, Pak Menteri nanti yang akan memutuskan," ujar Sumarsono.

Baca: Wakil Bupati Ditunjuk jadi Plt Bupati Jombang

Kemendagri menunjuk Wakil Bupati Mundjidah Wahab menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jombang. Hal ini dilakukan usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Sabtu, 3 Januari 2018.

(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id