Ilustrasi Medcom.id/ Syahmaidar.
Ilustrasi Medcom.id/ Syahmaidar. (Syaikhul Hadi)

Nelayan di Sidoarjo Tidak Bisa Melaut Selama Musim Hujan

musim hujan
Syaikhul Hadi • 16 Februari 2019 16:43
Sidoarjo: Sebagian besar nelayan tambak di kawasan desa Gisik Cemandi, Sedati, Sidoarjo berhenti melaut semenjak musim hujan. Kondisi seperti ini membuat sebagian penghasilan mereka menurun drastis dibandingkan hari-hari biasa.
 
"Kebanyakan nganggur, karena sudah lima hari ini tak melaut," kata salah satu nelayan, Mattaqim (50) di lokasi, Sabtu, 16 Februari 2019.
 
Muttaqim mengaku sejak beberapa hari ini, kabupaten Sidoarjo terus menerus dilanda hujan. Hujan deras dan angin kencang membuat sebagian besar mereka khawatir melaut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mungkin jika hujannya tidak terlalu deras masih bisa menangkap ikan. Tapi kalau sudah hujan deras ditambah anginnya kencang bisa mengancam keselamatan," jelas Muttaqim.
 
Kondisi seperti itu juga berdampak pada penghasilan mereka. Jika biasanya mereka berhasil mengumpulkan uang dari hasil menangkap ikan sebanyak Rp400 hingga Rp700 ribu per Minggu, saat ini jauh lebih menurun.
 
"Sudah lima hari ini cuma dapet  Rp50 ribu. Bayangkan, kalau melaut kami bisa menangkap udang, ikan belanak, gelama, udang kecil, dan campur-campur. Tapi kalau sudah musim hujan gini, kita hanya mencari di pinggiran saja. Seperti kerang, seser, dan lain-lain," keluh Muttaqim.
 
Menindaki hal tersebut, relawan Galang Kemajuan Jokowi Jawa Timur membagi-bagikan kupon sembako murah kepada warga setempat. Sembako murah terdiri dari beras, mie instan, minyak goreng dan kebutuhan pangan lainnya.
 
"Kami sudah ngobrol banyak tadi dengan para nelayan, dan memang betul akhir-akhir ini penghasil mereka jauh lebih menurun dibandingkan sebelumnya. Mungkin karena dampak hujan sehingga mereka tidak melaut," ujar ketua Galang Kemajuan Jokowi Jatim, Mariana Nunuk.
 
Bagi-bagi sembako murah untuk membantu meringankan beban kalangan nelayan yang ada disekitar, mengingat bahan-bahan pokok makanan merupakan kebutuhan sehari-hari mereka.
 
"Mudah-mudahan ini bisa membantu meringankan kebutuhan mereka," pungkas Nunuk.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi