Libur Maulid Nabi, Penumpang Kereta Meningkat 5%

Sunnaholomi Halakrispen 20 November 2018 07:56 WIB
kereta apimaulid nabi
Libur Maulid Nabi, Penumpang Kereta Meningkat 5%
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Mustholih
Jember: Jumlah penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, meningkat 5 persen di hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW. Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Luqman Arif mengatakan, peningkatan terjadi selama lima hari terakhir.

"Pada libur Maulid Nabi Muhammad SAW ini ada peningkatan volume penumpang kereta api sejak Jumat (16 November 2018) hingga Selasa (20 November 2018)," ujar Arif dikutip dari Antara, Senin, 19 November 2018.

Peningkatan penumpang sekitar lima persen untuk liburan Maulid pekan ini dibandingkan dengan hari biasa. Arif mengatakan, setiap harinya total tempat duduk yang tersedia ialah 7.884 kursi.


"Tiket kereta api baik ekonomi, kelas bisnis, dan eksekutif yakni KA Sritanjung, KA Mutiara Timur siang, KA Wijayakusuma, KA Probowangi, dan KA Mutiara Timur Malam keberangkatan dari Banyuwangi menuju ke Surabaya pada Selasa (20/11) terjual habis," tuturnya.

Bahkan, tiket KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya yang memiliki rangkaian lima gerbong dengan jumlah penumpang sebanyak 106 orang di setiap gerbong sudah terjual habis untuk keberangkatan Jumat hingga Selasa. Arif pun berharap para penumpang dapat menikmati perjalanannya. 

"Kami berharap penumpang yang menggunakan jasa kereta api untuk bepergian ke sejumlah daerah dapat menikmati perjalanan dengan nyaman karena petugas PT KAI akan memberikan pelayanan secara maksimal," tuturnya.

Di wilayah Daop 9 Jember, setiap hari terdapat delapan keberangkatan KA jarak menengah dan jarak jauh yakni KA Mutiara Timur Siang dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur Malam dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, kemudian KA Sri tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Tawang Alun relasi Banyuwangi-Malang, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma relasi Banyuwangi-Cilacap, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA Pandan Wangi relasi Jember-Banyuwangi pulang pergi.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id