Truk Diduga jadi Penyebab Jembatan Widang Ambruk
Jembatan Widang Tuban di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ambruk sekitar pukul 10.30 WIB, Selasa, 17 April 2018. Foto: Istimewa
Surabaya: Truk bermuatan berat diduga menjadi penyebab ambruknya jembatan Widang, Tuban, Jawa Timur, Selasa, 17 April 2018. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Gatot Sulistiyo Hadi menduga truk bermuatan berat kerap melintas jembatan tersebut.

"Masalah ini kembali kepada penanganan jembatan timbang. Dulu jembatan timbang ditangani Pemprov Jatim, tapi kemudian diambilalih Pemerintah Pusat, malah faktanya tidak ada action dari Pemerintah Pusat," kata Gatot, dikonfirmasi, Selasa, 17 April 2018.

Gatot mengatakan, lokasi jembatan timbang terdekat dari Jembatan Widang adalah di kawasan Lamongan. Namun, dia menduga fungsi jembatan timbang ini belum optimal.


Baca: Tragedi Jembatan Widang Mengancam Perekonomian Jatim

Meski demikian, Gatot mengaku tidak bisa mengambil kesimpulan berkaitan dengan penyebab ambruknya Jembatan Widang, Tuban. Sebab, saat ini Dinas PU Bina Marga Jatim masih menunggu hasil investigasi yang sedang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Yang terpenting sekarang harus ada solusi, yakni solusi tercepat adalah pembangunan jembatan darurat," ujarnya.

Baca: Jembatan Widang Diduga tidak Dirawat

Menurut Gatot, jembatan darurat itu bisa berupa jembatan baja, yang menghubungkan kembali dua kabupaten yang kini terputus, yakni Lamongan dan Tuban. Jika tidak, semua aktivitas dan prekonomian Jatim bakal terganggu.

"Jika tidak ada penanganan khusus dalam pembangunan dan operasional, jembatan darurat dimungkinkan ambruk kembali," ujarnya.






(ALB)