Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora -- MTVN/Rahmatullah
Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora -- MTVN/Rahmatullah (Rahmatullah)

Pemerintah Perlu Membuka Kantor Perwakilan Basarnas di Sumenep

basarnas
Rahmatullah • 22 Mei 2017 12:06
medcom.id, Sumenep: Pemerintah dinilai perlu membuka kantor perwakilan Badan Sar Nasional (Basarnas) di Sumenep, Jawa Timur. Langkah-langkah terkoordinir terkait penyelematan dan pencarian korban semakin cepat bila ada Basarnas di daerah.
 
"Adanya kantor perwakilan Basarnas bisa dijadikan tempat koordinasi semua stakeholder dalam menangani bencana," kata Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora, Senin 22 Mei 2017.
 
Saat ini, kata Pinora, Satpolair Polres Sumenep hanya memiliki kapal tipe 3C. Kapal tersebut tidak bisa menembus pelayaran dari Pelabuhan Kalianget ke perairan Pulau Masalembu. Kapal hanya bisa menjangkau perairan Pulau Sapudi yang lebih dekat dengan Pelabuhan Kalianget.
 
"Ke depan, kita harus memiliki kapal yang bisa berpotroli ke perairan Masalembu," terangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pinora pun mengapresiasi nelayan Masalembu yang ikut mengevakuasi dan mencari korban KM Mutiara Sentosa 1. Saat kejadian, delapan perahu nelayan ikut terjun ke titik lokasi kebakaran. Meski perahu minim pencahayaan, nelayan berusaha maksimal membantu tugas pihak berwenang.
 
"Apa yang dilakukan masyarakat Masalembu merupakan sebuah kemuliaan. Itu luar biasa. Saya cukup bangga dan mengapresiasi upaya penyelamatan yang dilakukan mereka," tutupnya.
 
Sebelumnya, KM Mutiara Sentosa 1 terbakar di 3 mil lepas peraian Pulau Masalembu pada pukul 18.00 WIB, Jumat 19 Mei 2017. Kapal mengangkut 198 penumpang yang terdiri dari 37 orang ABK dan 161 penumpang.
 
(Baca: Jenazah Korban Kapal Terbakar Tiba di Surabaya)
 
Lima orang tewas dalam kejadian tersebut, yaitu Ahmad Sofyanto, 30, warga Dusun Karanglegi, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah; Eko Hadi Prayitno, 35, warga Dusun Blok Agung Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur; Bambang Sugito, 43, warga Dusun Sekar Geneng Kecamatan Cerme, Gersik, Jawa Timur; Rachmad Sirry, 59, warga Dusun Bendorejo Kecamatan Kacet, Mojokerto, Jawa Timur; dan Supriyadi, 37, warga Jalan Ronggolawe 47 Sumber Pucung, Malang, Jawa Timur.
 
 
 

(NIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif